Text
THE CONTENT VALIDITY OF THE SUMMATIVE TEST ITEMS OF ENGLISH FOR THE TENTH GRADERS OF SMA NEGERI 1 MAGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Tes bahasa adalah proses untuk mengukur kompetensi atau prestasi siswa dalam bidang bahasa dalam hal ini bahasa Inggris. Membuat satu set tes tidak sesederhana yang terlihat, ada banyak kualifikasi atau persyaratan yang harus dipertimbangkan untuk menyusun tes dengan kualitas yang baik untuk siswa. Namun, ada beberapa masalah di SMA Negeri I Magelang terkait dengan tes yang disusun oleh guru. Beberapa siswa mengeluh karena materi pelajaran yang diberikan oleh guru selama proses pembelajaran ada beberapa materi yang tidak termasuk dalam ujian Berkaitan dengan hal tersebut, validitas isi merupakan hal yang paling sering dibahas dalam tes akademik dan vokasional dimana butir soal tes harus mencerminkan pengetahuan yang diperlukan untuk topik tertentu. Hal ini penting terkait dengan prestasi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah tes sumatif bahasa Inggris untuk siswa kelas X SMA Negeri I Magelang pada tahun ajaran 2015/2016 memiliki validitas yang baik dan mewakili kompetensi dasar secara proporsional atau tidak.
Penulis melakukan penelitian dengan mengumpulkan data. Penulis mengambil lembar pertanyaan dari tes semester pertama bahasa Inggns sebagai subjek penelitian ini. Penulis juga mengambil silabus bahasa Inggris untuk menganalisis butir-butir soal tes. Kemudian, penulis menyalin data dan membandingkannya dengan silabus. Setelah itu penulis menganalisis butir-butir soal tes satu per satu. Selain itu, pennlis juga menghitung persentase kesesuaian dan ketidaksesuaian dari butir-butir soal tes untuk mengetahui kualitas validitas isi dari butir soal tes tersebut. Berdasarkan analisis datq penulis menemukan ada tiga puluh dua butir soal yang sesuai dengan silabus dan tiga butir soal tidak sesuai dengan silabus. Yang berati batrwa tes sumatif Inggris memiliki validitas isi yang baik dengan persentase 91,42%. Tetapi representasi dari dasar tidak proporsional, karena ada kompetensi dasar yang mendominasi butir soal tes. Berdasarkan data di atas, penulis menyimpulkan bahwa item tes sumatif bahasa Inggrs untuk siswa kelas X SMA Negeri I Magelang di tahun ajaran 2015/2016 memiliki validitas isi yang baik. Selain itu, kompetensi dasar teks recount mendominasi item tes dengan empat belas angka. Penulis menyarankan guru untuk menjadikan silabus sebagai bahan pertimbangan dalam perencanaan
tes. Kota kunci : Tes Bahasa, Validitas Isi, Tes Sumatif
174- UN57.4.1-2016 | INGGRIS NUG U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain