Text
USING IDEAS FUNNEL TECHNIQUE TO IMPROVE THE RECOUNT TEXT WRITING SKILL OF THE TENTH GRADERS OF SMAN 1 MAGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa internasional di dunia. Di Indonesia, bahasa Inggris dipelajari dari sekolah dasar sampai universitas. Bahasa Inggris menjadi pelajaran wajib di Sekolah Menengah Atas. Terdapat empat ketrampilan dalam bahasa Inggris, salah satunya yaitu ketrampilan menulis. Menulis merupakan ketrampilan paling sulit dari pada ketrampilan yang lain. Terdapat juga beberapa teks yang harus siswa pelajari. Salah satunya yaitu teks recount. Di SMAN 1 Magelang, nilai siswa untuk ketrampilan menulis teks recount yaitu 75.24. Nilai tersebut kurang dari standar kriteria ketuntasan minimal yaitu 78. Dalam kasus ini, guru menggunakan teknik yang monoton dalam proses belajar mengajar dan membuat siswa-siswa kurang termotivasi dalam pembelajaran ketrampilan menulis. Terdapat dua tujuan dalam penelitian ini. Pertama, yaitu untuk mengetahui penggunaan teknik Ideas Funnel dapat meningkatkan motivasi ketrampilan menulis teks recount. Kedua, yaitu untuk mengetahui seberapa besar peningkatan ketrampilan menulis teks recount pada kelas sepuluh SMAN 1 Magelang yang diajarkan dengan menggunakan teknik Ideas Funnel. Penulis menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terbagi dalam pra siklus, siklus I dan siklus II. Dalam pengumpulan data, penulis bukan tes (observasi, angket dan dokumentasi) dan tes. Penulis mengambil kelas sepuluh SMAN 1 Magelang sebagai subjek penelitian. Berdasarkan hasil observasi dan angket, menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada motivasi belajar siswa dalam menulis teks recount setelah penulis mengajar menggunakan teknik Ideas Funnel. Dalam siklus I, siswa-siswa dapat meningkatkan motivasi mereka dalam proses belajar mengajar. Sementara itu di siklus II, siswa-siswa termotivasi dan tertarik pada teknik Ideas Funnel yang membuat mereka dapat menulis dengan mudah teks recount. Dan tambahannya, peningkatan juga terjadi di tes menulis. Pada pra sikuls, rata-rata nilai yaitu 71.16. Pada siklus I, rata-rata nilai yaitu 76.03. Dan pada siklus II, rata-rata nilai yaitu 81.97. Total peningkatan dari pra siklus ke siklus II yaitu 10.81 poin. Penulis menyimpulkan bahwa penggunaan teknik Ideas Funnel dapat meningkatkan motivasi belajar menulis teks recount dan terdapat peningkatan yang bagus pada menulis teks recount siswa kelas sepulus SMAN 1 Magelang pada tahun ajaran 2015/2016. Penulis menyarankan pada guru-guru bahasa Inggris untuk mengaplikasikan teknik Ideas Funnel sebagai teknik dalam mengajar ketrampilan menulis. Kata kunci : Ketrampilan menulis, teks recount, teknik Ideas Funnel
177- UN57.4.1-2016 | INGGRIS ARI U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain