Text
USING NO OPTIONS OUT TECHNIQUE TO IMPROVE THE STUDENTS NARRATIVE TEXT READING SKILL OF THE ELEVENTH GRADERS SMA MUHAMMADIYAH 1 KOTA MAGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Inggris telah menjadi salah satu mata pelajaran wajib yang diajarkan pada semua sekolah diIndonesia. Ada empat keterampilan Bahasa dan membaca adalah pertimbangan penting bagi sekolah menengah atasdalam menguasai Bahasa inggris. Bagaimanapun siswa dari SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang tahun ajaran 2015/2016 masih ditemukan banyak kesulitan dalam pelajaran membaca, terutama membaca narrative. Bisa dibuktikan dari nilai rata-rata pada ujian membaca yang hanya mencapai 63. Itu berada dibawah nilai kompetensi kelulusan yaitu 75. Banyak penyebab yang mempengaruhi dan yang paling menonjol salah satu diantaranya adalah kurangnya motivasi siswa dalam mempelajari bahasa Inggris. Oleh karena itu penulis mengadakan sebuah penelitian untuk memecahkan masalah tersebut dengan menerapkan teknik No Options Out.
Ada dua tujuan utama dalam penelitian ini yang pertama adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan teknik No Options Out dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada keterampilan membaca narrative untuk kelas sebelas SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang pada tahun ajaran 2015/2016, dan yang kedua adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan pada keterampilan membaca narrative untuk kelas sebelas SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang pada tahun ajaran 2015/2016 yang diajarkan menggunakan teknik No Options Out. Penulis mengadakan penelitian tindakan kelas yang terbagi menjadi sebelum siklus, siklus 1 dan siklus 2. Untuk mengambil data, penulis menggunakan teknik ujian dan tanpa ujian.Data tersebut dianalisa menggunakan teknik kwalitatif dan qwantitatip. Penulis mengambil 30 siswa dari kelas XI IPS 2 di SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang untuk diteliti karena kelas tersebut memiliki nilai rata-rata terendah pada ujian membaca. Berdasarkan dari angket dan pengamatan penulis, terlihat bahwa banyaknya perubahan pada motivasi siswa setelah penulis memfasilitassi kelas menggunakan teknik No Options Out. Pada sebelum siklus berlangsung, motivasi siswa pada kelas membaca masih rendah. Pada siklus 1, siswa tidak termotivasi dalam cara pembelajaran dikelas. Sedangkan pada siklus 2 mereka telah termotivasi, bersemangat dan lebih tertarik pada teknik No Options Out.Mereka telah memiliki jalan yang lebih baik untuk belajar, dan mereka merasa mudah untuk memahami teks. Nilai rata-rata siswa pada sebelum siklus adalah 70. Menigkat pada siklus 1 menjadi 74.01 dan berakhir di siklus 2 menjadi 81,97. Berdasarkan penjelasan diatas, penulis menyimpulkan bahwa penggunaan teknik No Options Out dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam membaca narrative dan adanya peningkatan yang berarti dari keterampilan membaca narrative setelah mereka difasilitasi dengan menggunakan teknik No Options Out. Sementara itu penulis mengusulkan bahwa gutu harus lebih kreatif dan mencoba untuk mengembangkan teknik pembelajaran Bahasa inggris dan melaksanakan penggunaan cara yang menarik untuk mendapatkan hasil yang lebih baik pada pembelajaran membaca didalam kelas. Kata kunci : Teknik No Options Out, Keterampilan Membaca, Teks Narrative
178- UN57.4.1-2016 | INGGRIS NUR U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain