Text
USING IPPA TECHNIQUE TO IMPROVE THE DESCRIPTIVE TEXT READING SKILL OF THE TENTH GRADERS OF SMA EL SHADAI MAGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Membaca adalah salah satu dari empat keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa dalam belajar bahasa Inggris. Dengan membaca, siswa bisa mendapatkan banyak informasi dari berbagai teks tertulis dan mereka dapat belajar banyak hal sendiri. Berdasarkan pengamatan penulis pada siswa kelas X SMA El Shadai Magelang, para siswa menemukan kesulitan dalam membaca dan hal itu disebabkan oleh kurangnya motivasi untuk membaca teks bahasa Inggris dan skor tes bahasa Inggris membaca memuaskan. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata dari tes membaca bahasa Inggris pada teks deskriptif yang hanya 63 dan standars skor adalah 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa kurang. Ada dua tujuan dari penelitian ini. Pertama, mengetahui apakah penggunaan teknik PKBI dapat meningkatkan motivasi belajar dalam membaca keterampilan membaca teks deskriptif. Yang kedua untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan membaca teks deskriptif siswa kelas X SMA El Shadai pada tahun ajaran 2015/2016 diajarkan dengan menggunakan teknik PKBI. Penulis melakukan penelitian tindakan kelas. penulis mengambil kelas X SMA El Shadai sebagai subyek penelitian ini. Ada 28 siswa. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan uji dan instrumen non-tes dan kuantitatif dan kualitatif untuk analisis. Sebagai hasilnya, di Pra-siklus, siswa haveless perhatian dalam mengikuti
proses belajar mengajar. Dalam Siklus I hampir semua siswa siap mengikuti pembelajaran dan antusias dalam menggunakan teknik PKBI dalam membaca belajar. Pada Siklus II, siswa memiliki persiapan yang lebih baik dan semangat untuk menghadiri proses belajar mengajar. Selain itu, ada peningkatan siswa keterampilan membaca deskriptif. Mean dari nilai siswa dalam ujian Cungkil Cycle adalah 63,14, pada siklus I adalah 70,96, dan siklus II adalah 81,39. Total perbaikan dari tes Pra-siklus ke siklus II tes adalah 18,25 poin. Berdasarkan analisis data, penulis menyimpulkan bahwa penggunaan teknik PKBI dapat meningkatkan motivasi belajar membaca dan meningkatkan keterampilan membaca siswa ini. penulis menyarankan guru bahasa Inggris untuk menggunakan teknik PKBI dalam mengajar membaca, dan teknik PKBI dapat digunakan untuk membantu siswa dalam memahami materi dan mengembangkan keterampilan membaca. Hal ini dapat mendorong siswa untuk lebih aktif dalam kelas membaca. Keyword : Ketrampilan membaca, teks descriptive, teknik IPPA
179-UN57.4.1-2016 | INGGRIS FIG U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain