Text
USING MEAN, USE, FORM (MUF) TECHNIQUE TO IMPROVE THE DESCRIPTIVE TEXT WRITING SKILL OF THE TENTH GRADERS OF SMA SHOLIHIN BANDONGAN IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Bahasa inggris adalah salah satu dari bahasa international yang diajarkan di Indonesia. Diantara empat ketrampilan berbahasa, menulis penting untuk dikuasai oleh siswa SMA didalam penguasaan bahasa inggris. Namun siswa kelas X SMA Sholihin bandongan pada tahun ajaran 2015/2016 masih menemui kesulitan didalam belajar menulis. Ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata menulis dari 33 siswa yang hanya 57.12. Nilai ini tidak mencapai criteria kentutasan minimal menulis, yaitu 75. Oleh karena itu penulis mengadakan penelitian guna mengatasi masalah tersebut dengan mengaplikasikan MUF technique. Ada dua tujuan utama dari penelitian ini. Pertama untuk mengetahui apakah penggunaan teknik MUF dapat meningkatkan motivasi belajar menulis teks deskriptif siswa kelas X SMA Shoihin Bandongan pada tahun ajaran 2015/2016. Kedua, untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan menulis teks deskriptif siswa kelas X SMA Sholihin Bandongan pada tahun ajaran 2015/2016 yang diajarkan menggunakan teknik MUF. Penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK),yang terdiri dari pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Untuk mencari data peneliti menggunakan tehnik penilaian non tes dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data qualitative dan quantitatif. Peneliti mengambil kelas X sebagai subjek penelitian, karena kelas tersebut memiliki nilai rata-rata menulis yang rendah. Ada 33 siswa di kelas tersebut. Berdasarkan hasil pengamatan penulis dan hasil kuisioner, terbukti bahwa ada perubahan dalam motivasi belajar siswa setelah siswa diajar menggunakan tehnik MUF. Pada tahap pra-siklus, siswa masih memiliki motivasi yang rendah didalam belajar menulis. Pada siklus I sebagian besar siswa termotifasi pada proses pembelajaran. Sementara pada siklus II mereka termotifasi, antusias, dan lebih tertarik pada MUF tehnik, yang mempunyai cara yang lebih baik, dan mereka merasa mudah untuk menulis suatu teks. Pada prasiklus rata ratanya 61,18. Pada tes siklus I rata-ratanya 74,03. Peningkatan dari tes pra-siklus ke siklus I adalah 12,85. Pada siklus II rata-rata nilai adalah 79,51. Peningkatan dari siklus I ke siklus I sebesar 5,48. Berdasarkan deskripsi diatas, penulis menyimpulkan bahwa pengunaan MUF tehnik dapat meningkatkan motifasi belajar menulis teks deskriptif siswa dan ada peningkatan kemampuan menulis tes deskriptif setelah mereka diajar vi dengan mengunakan MUF tehnik. Ini adalah salah satu tehnik yang bisa di aplikasikan pada pengajaran menulis Berdasarkan fakta diatas, penulis menyarankan pada guru bahasa inggris untuk mengunakan MUF tehnik sebagai tehnik alternative di dalam pengajaran menulis
180- UN57.4.1-2016 | INGGRIS ROZ U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain