Text
USING ADVENTURE CARDS GAME TO IMPROVE THE NARRATIVE TEXT WRITING SKILL OF THE TENTH GRADERS OF SMA NEGERI 1 PRINGSURAT IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Pembelajaran bahasa itu penting bagi perkembangan sosial manusia. Sebagai bahasa yang digunakan oleh lebih dari setengah penduduk dunia, Bahasa Inggris memegang peranan sebagai bahasa internasional. Keterampilan menulis bahasa Inggris adalah kompetensi penting untuk siswa sekolah menengah atas. Keterampilan ini dibutuhkan untuk dikuasai agar siswa mampu mengekspresikan makna dalam teks fungsional pendek secara tertulis dan esai sederhana dalam konteks sehari-hari. Namun, nilai rata-rata dalam tes menulis teks naratif pada siswa kelas sepuluh SMA Negeri 1 Pringsurat Tahun Ajaran 2015/2016 adalah 62. Sementara itu, KKM kompetensi ini adalah 75. Penulis melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan Permainan Kartu Petualangan dalam rangka meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan menulis siswa. Ada dua tujuan dari penelitian ini. Yang pertama adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Permainan Kartu Petualangan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar menulis teks naratif pada siswa kelas sepuluh SMA Negeri 1 Pringsurat Tahun Ajaran 2015/2016 dan yang kedua adalah untuk mengetahui seberapa tinggi peningkatan keterampilan menulis teks naratif pada siswa kelas sepuluh SMA Negeri 1 Pringsurat yang diajar menggunakan Permainan Kartu Petualangan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Pringsurat Tahun Ajaran 2015/2016. Ada 23 siswa yang terdiri dari 9 laki-laki dan 14 perempuan. Penelitian ini terbagi dalam tiga fase, yaitu Pre-Siklus, Siklus I dan Siklus II. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan teknik tes dan non tes. Data tersebut dianalisa menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) siswa mempunyai motivasi yang lebih baik untuk belajar Bahasa Inggris; (2) siswa mampu meningkatkan keterampilan menulis teks naratif mereka. Hasil tes menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa meningkat sebesar 19.57 poin. Nilai rata-rata di Pre-Siklus adalah 62.52. Di Siklus I, nilai rata-ratanya adalah 72.35. Sedangkan di Siklus II adalah 82.09. Selain itu, ada perubahan yang positif terhadap motivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris. Mereka antusias untuk menambah kemampuan mereka dalanm menulis teks naratif. Berdasarkan hasil di atas, penulis menyimpulkan bahwa Permainan Kartu Petualangan dapat meningkatkan nilai dan motivasi siswa dalam proses belajar mengajar. Jadi penulis menyarankan pada guru bahasa Inggris untuk menggunakan game ini sebagai satu alternatif dalam mengajar menulis siswa SMA, khususnya dalam menulis teks naratif.
184- UN57.4.1-2016 | INGGRIS WAH U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain