Text
USING MURDER TECHNIQUE TO IMPROVE THE NARRATIVE TEXT READING SKILL OF THE EIGHTH GRADERS OF SMP MUHAMMADIYAH PAYAMAN IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Bahasa Inggris adalah bahasa asing yang paling penting dipelajari karena ini digunakan oleh kebanyakan orang sebagai bahasa komunikasi internasional. Diantara empat keterampilan berbahasa, membaca dipertimbangkan sebagai yang perlu dipelajari untuk menguasai bahasa Inggris oleh siswa sekolah menengah pertama. Bagaimanapun juga, siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Payaman tahun ajaran 2015/2016 tetap menemukan kesulitan dalam belajar membaca khusunya membaca teks naratif. Ini terbukti dengan hasil dari rata-rata nilai tes membaca dari 21 siswa, hanya mencapai 66. Nilai ini tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal dari nilai membaca yaitu 75. Ada beberapa masalah yang mempengaruhi kondisi tersebut. Karena alasan itu, penulis melakukan penelitian guna memecahkan masalah dengan menggunakan teknik MURDER.
Ada dua tujuan utama dalam penelitian ini. Pertama, adalah untuk mengetahui apakah penggunaan teknik MURDER dapat meningkatkan motivasi belajar membaca teks naratif dari siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Payaman tahun ajaran 2015/2016 dan yang kedua adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan membaca teks naratif dari siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Payaman tahun ajaran 2015/2016 yang diajar menggunakan teknik MURDER. Penulis mengadakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari tiga tahap: pra siklus, siklus I, dan siklus II. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan instrumen bukan tes ( pengamatn, kuesioner, dan dokumentasi) dan tes. Data dianalisa menggunakan teknik analisa kualitatif dan kuantitatif. Penulis mengambil kelas VIII SMP Muhammadiyah Payaman sebagai subjek penelitian karena memiliki nilai membaca terendah. Di sana ada 21 siswa. Berdasarkan pengamatan dan kuesioner , itu menunjukkan bahwa ada beberapa perubahan pada motivasi belajar siswa setelah penulis mengajar di kelas menggunkan teknik MURDER. Pada tes pra siklus nilai rata-ratanya adalah 65.61. Pada tes siklus I nilai rata-ratanya adalah 70.14. peningkatan dari tes pra siklus ke tes siklus I adalah 4.53 poin. Pada tes siklus II nilai rata-ratanya adalah 82.19; peningkatan dari tes siklus I ke tes siklus II adalah 12.05 poin. Berdasarkan penjelasan diatas, penulis menyimpulkan bahwa penggunaan teknik MURDER dapat meningkatkan motivasi belajar membaca siswa pada teks naratif dan ada peningkatan pada keterampilan membaca teks naratif siswa setelah diajar menggunakan teknik MURDER.
186- UN57.4.1-2016 | INGGRIS HER U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain