Text
USING POPULAR FABLE ANIMATION HOLLYWOOD MOVIE AS LEARNING MEDIA TO IMPROVE LISTENING SKILL OF EIGHTH GRADERS IN SMPN 9 MAGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK
Alfira Vimalasari (2016). “Penggunaan Popular Fable Animation Hollywood Movie sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Ketrampilan Mendengarkan Siswa Kelas 8 SMPN 9 Magelang”. Skripsi: Magelang, Pendidikan Bahasa Inggris, fakultas Pendidikan, Universitas Tidar. Email: alfirav408@yahoo.com
Mendengarkan adalah keterampilan dasar dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Ditemukan bahwa keterampilan mendengarkan dari siswa kelas 8 di SMPN 9 Magelang masih rendah. Mereka memiliki cukup kesulitan dalam memahami suara. Hal ini ditunjukkan dengan 19 dari 28 siswa (67%) tidak dapat mencapai KKM. Sementara itu, Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah 71,25. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kondisi ini. Salah satu faktor adalah guru jarang menggunakan media dalam mengajar. Penulis kemudian melakukan penelitian yang berkaitan dengan motivasi siswa dan ketrampilan mendengarkan teks naratif.
Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui apakah penggunaan Popular Fable Animation Hollywood Movie sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar ketrampilan mendengarkan siswa kelas 8 di SMPN 9 Magelang dan kedua, untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa kelas 8 di SMPN 9 Magelang dengan menggunakan Popular Fable Animation Hollywood Movie sebagai media pembelajaran.
Ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). penulis mengambil kelas G di SMPN 9 Magelang di sekolah tahun 2015/2016 sebagai subjek penelitian. Penelitian ini dibagi menjadi tiga tahap, Pre-Cycle, Siklus 1 dan Siklus 2. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu metode kualitatif dan kuantitatif. Penulis kemudian menganalisis data kualitatif dan kuantitatif tersebut.
Partisipasi siswa meningkat ketika penulis menggunakan Popular Fable Animation Hollywood Movie sebagai Media Pembelajaran dan mereka berpartisipasi aktif dalam proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan ketrampilan mendengarkan teks naratif dan motivasi mereka. Nilai rata-rata Pra-siklus adalah 60,71. Setelah siswa diajar dengan menggunakan Popular Fable Animation Hollywood Movie sebagai Media Pembelajaran, nilai rata-rata pada Siklus 1 dan Siklus 2 meningkat. Nilai rata-rata Siklus 1 adalah 71,78, sedangkan nilai rata-rata Siklus 2 adalah 80,35. Penulis menyimpulkan bahwa penggunaan Popular Fable Animation Hollywood Movie sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar ketrampilan mendengarkan dan ada peningkatan ketrampilan mendengarkan. Jadi, penulis menyarankan kepada guru bahasa Inggris untuk menerapkan Popular Fable Animation Hollywood Movie sebagai media pembelajaran alternatif dalam mengajarkan ketrmapilan mendengarkan.
189-UN57.4.1.2-2016 | INGGRIS VIM U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain