Text
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PELAYANAN PASIEN BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS SALAMAN 1 KABUPATEN MAGELANG
ABSTRAK:
Kesehatan merupakan hak asasi manusia dan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita – cita bangsa Indonesia. Perwujudan serius pemerintah terhadap kesehatan warga Negara Indonesia adalah dengan dikeluarkannya Undang – Undang nomor 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan dengan harapan dapat mempercepat terselenggaranya sistem jaminan nasional bagi seluruh rakyat Indonesia. Namun dalam pelaksanaanya, BPJS Kesehatan menemui berbagai masalah atau kendala yang dihadapi. Masalah yang diteliti adalah implementasi kebijakan pelayanan pasien BPJS Kesehatan di Puskesmas Salaman I Kabupaten Magelang sebagai salah satu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yang bekerjasama dengan Pemerintah dalam menjalankan program BPJS Kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Pelayanan Pasien BPJS kesehatan di Puskesmas Salaman I Kabupaten Magelang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan didukung dengan data sekunder. Jenis data yang digunakan adalah data primer diperoleh dari hasil wawancara dan data sekunder diperoleh dari pengolahan data dan observasi. Teknik analisis data dimulai dari pengumpulan informasi melalui wawancara dan pada tahap akhir dengan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan Implementasi Kebijakan Pelayanan Pasien BPJS kesehatan di Puskesmas Salaman I Kabupaten Magelang masih terdapat banyak kekurangan, misalnya Sumber daya manusia yang terbatas dalam melayani pasien dan tidak tersedianya verifikator dari BPJS kesehatan sehingga apabila ada masalah tidak dapat langsung menemukan solusi yang diambil karena harus menunggu konfirmasi dari BPJS cabang Magelang yang diakses melalui telepon, Juga dari segi komunikasi antar pelaksana yang masih kurang, sehingga masih ada masyarakat yang belum mengetahui sepenuhnya tentang program dari BPJS Kesehatan ini. Saran yang diberikan kepada Puskesmas Salaman I Kabupaten Magelang untuk meningkatkan Implementasi Kebijakan Pelayanan Pasien BPJS kesehatan adalah dengan meningkatkan kerjasama antar pelaksana kebijakan baik dalam Puskesmas Salaman I Kabupaten Magelang sendiri maupun hubungannya dengan BPJS dan Masyarakat. Kata Kunci : Implementasi , Kebijakan, BPJS Kesehatan
19 -UN57.4.1 -2016 | FISIPOL NIN I 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain