Text
USING BIOPOEM TECHNIQUE TO IMPROVE THE RECOUNT TEXT WRITING SKILL OF THE TENTH GRADERS OF SMA NEGERI 1 MAGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang dianggap penting untuk siswa Indonesia. Terdapat empat keterampilan yang harus dikuasai. Menulis adalah salah satu keterampilan yang dianggap penting. Bagaimanapun juga, siswa kelas X MIA 6 Peminatan SMA N 1 Magelang TA 2015/2016 masih mengalami kesulitan dalam menulis teks recount. Terbukti dengan rata-rata kelas yang hanya mencapai 75 dari 28 siswa. Nilai ini belum memenuhi rata-rata kelas yang telah ditentukan, yaitu 78. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi, namun faktor yang paling menonjol adalah siswa
memiliki motivasi yang rendah saat belajar bahasa Inggris dan guru yang mengajar dengan teknik monoton. Oleh karena itu, penulis mencoba mengatasi masalah tersebut dengan mengaplikasikan teknik Biopoem. Terdapat dua tujuan dalam penulisan ini. Pertama adalah mengetahui bahwa teknik Biopoem dapat meningkatkan motivasi belajar menulis teks recount pada siswa kelas X MIA 6 Peminatan SMA N 1 Magelang TA 2015/2016. Kedua, Seberapa besar peningkatan keterampilan menulis siswa kelas X MIA 6 SMA N 1 Magelang TA 2015/2016 yang diajar menggunakan teknik Biopoem. Penulis melakukan Penulisan Tindakan Kelas (PTK) yang dibagi dalam Pra siklus, Siklus I dan Siklus II. Dalam mengumpulkan data, penlis menggunakan teknik non-test (observasi, angket, dan dokumentasi), dan test. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Subjek dari penulisan ini adalah siswa kelas X MIA 6 karena nilai mereka masih dibawah rata-rata. Terdapat 28 siswa dikelas ini. Berdasarkan hasil pengamatan dan angket, penulis menemukan adanya perubahan dalam motivasi belajar siswa setelah diajar menggunakan teknik Biopoem. Pada Pra siklus, siswa masih kurang termotivasi dalam belajar menulis. Pada Siklus I siswa mulai tertarik ketika penulis menerapkan teknik Biopoem. Sedangkan padaSiklus II, siswa sangat termotivasi dan tertarik dengan teknik Biopoem. Rata-rata nilai pada Pra siklus adalah 71.82. Hasil rata-rata pada siklus I adalah 76.54. Peningkatan dari Pra siklus ke Siklus I adalah 4.72. Hasil rata-rata Siklus II mencapai 82.02. Peningkatan dari Siklus I ke Siklus II adalah 5.53. Sementara peningkatan dari Pra siklus ke Siklus II adalah 10.25. Berdasarkan hasil diatas, penulis menyimpulkan bahwa teknik Biopoem mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam menulis teks recount dan terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil nilai rata-rata mereka setelah diajar menggunakan teknik tersebut. Penulis merekomendasikan kepada guru bahasa Inggris untuk menerapkan teknik Biopoem sebagai salah satu alternatif teknik untuk membuat siswa lebih termotivasi, tertarik, dan membantu mereka memahami pelajaran dengan cara yang lebih baik. Kata Kunci : Teknik Biopoem, Keterampilan Menulis, Tesk Recount
192-UN57.4.1.3-2016 | INGGRIS ZUL U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain