Text
USING PPP (PRESENTATION, PRACTICE, PRODUCTION) TECHNIQUE TO IMPROVE THE NARATIVE TEXT WRITING SKILL OF THE ELEVENTH FRADERS OF SMA NEGERI 5 MAGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
Abstrak:
Menulis dianggap sebagai salah satu keterampilan bahasa Inggris yang sulit untuk dikuasai. Hasil keterampilan menulis teks naratif dari siswa kelas XI SMAN 5 Magelang semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 tidak memuaskan. Para siswa mendapatkan nilai rata rata 65,50, yang kurang dari skor minimal kelas belajar penguasaan, yaitu 75,00. Kondisi ini disebabkan oleh faktor internal dan eksternal siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Teknik PPP dapat meningkatkan motivasi belajar dari penulisan teks naratif dari siswa kelas XI SMAN 5 Magelang dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan menulis teks narasi siswa kelas XI SMAN 5 Magelang yang diajarkan menggunakan Teknik PPP itu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa dari XI IPA 1 SMAN 5 Magelang, yang terdiri dari 12 laki-laki dan 10 perempuan. Penulis menerapkan tiga tahapan dalam penelitian ini; mereka Pre-Cycle, cycle I dan cycle II. penulis menggunakan lembar observasi, angket, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan pengukuran kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui hasilnya. Penulis menemukan bahwa penggunaan Teknik PPP dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Observasi dan kuesioner hasil menunjukkan bahwa siswa memiliki motivasi yang baik dalam belajar menulis narasi teks. Semua siswa SMAN 5 Magelang dari siswa kelas XI XI IPA 1 kelas membuat perbaikan skor mereka 27,5% setelah mereka diajarkan menulis narasi teks menggunakan Teknik PPP. Pada pre-cycle, rata-rata skor siswa adalah 55,45 atau dalam kategori terendah . Pada cycle I, nilai rata-rata siswa adalah 71,81 atau dalam kategori wajar. Pada cycle II, nilai rata-rata akhir siswa mencapai 82,95 atau dalam kategori baik. Ada juga beberapa perubahan perilaku siswa setelah menulis teks naratif menggunakan PPP Teknik. Pada cycle I, ada sedikit perubahan bahwa siswa siap untuk bergabung dengan kelas menulis menggunakan teknik PPP, tetapi beberapa tidak menunjukkan antusiasme mereka selama mengajar proses pembelajaran. Sementara di cycle II, mereka memiliki perhatian yang lebih baik dan lebih aktif untuk terlibat dalam kelas dan mereka tampak tertarik di kelas dan mereka tampak tertarik dengan teknik PPP, yang memiliki langkah- langkah yang lebih baik dari studi dan mudah dimengerti. Berdasarkan hasil di atas, penulis menyimpulkan bahwa teknik PPP adalah teknik yang baik dalam pengajaran menulis ke SMA, terutama dalam teks naratif. Hal ini dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar dan membuat perbaikan besar dari kemampuan menulis siswa kelas XI SMAN 5 Magelang. Penulis menyarankan penggunaan Teknik PPP sebagai salah satu teknik dalam menulis naratif teks dapat dilakukan. Kata Kunci: Pelajaran Menulis, Teknik PPP, Teks naratif
193-UN57.4.1.2-2016 | INGGRIS SOF U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain