Text
USING DELIBERATIVE DEMOCRACY TECHNIQUE TO IMPROVE NARATIVE TEXT WRITING SKILL OF THE ELEVENTH GRADERS OF SMA 2 MAGELANG IN SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Menulis merupakan salah satu kemapuan yang di ujikan dalam ujian akhir sekolah dan siswa SMA diharuskan untuk memiliki kemampuan menulis.Akan tetapi siswa kelas sebelas SMAN 2 MAgelang masih kesulitan dalam hal menulis. Hal itu terbukti dengan nilai rata-rata tes menulis dari 32 orang siswa yang hanya 67.97. Nilai tersebut belum memenuhi kriteria kelulusan minimal yaitu 78. Ada berbagai hal yang mempengaruhi kondisi tersebut. Penulis melaksanakan sebuah penelitian untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapka teknik Deliberative Democracy untuk mengajarkan kemampuan menulis. Ada dua tujuan utama dari penelitian tersebut. Yang pertama adalah untuk mengetahui apakan dengan menggunakan teknik Deliberative Democracy mampu meningkatkan motivasi siswa untuk belajar menulis. Yang kedua adalah seberapa besar peningkatan kemampuan menulis siswa kelas sebelas SMAN 2 Magelang tahun ajaran 2015/2016 setelah diajar menggunakan teknik Deliberative Democracy. Subyek dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas sebelas SMAN 2 Magelang. Penulis melaksanakan penelitian tindakan kelas.Penelitian ini dibagi dalam tiga ahapan yaitu Pre-cycle, Cycle I dan Cycle II. Penulis menggunakan teknik pengumpulan daa berupa tes dan bukan tes (observasi, kuesioner dan foto dokumentasi). Berdasarkan observasi dean kuesioner yang telang diberikan kepada siswa sebagian besar siswa mengalami perubahan perilaku. Pada Pre-cycle motivasi siswa termasuk dalam kategori level sedang. Dalam Cycle I, hasil observasi dan kuesioner menunjukan motivasi siswa termasuk dalam level tinggi. Sementara pada Cycle II siswa lebih termotivasi dan lebih tertarik dalam menggunakan teknik Deliberative Democracy. Pada Pre-cycle nilai rata-rata tes menulis adalah 67.97 Pada Cycle I, nilai raa-rata siswa 76.69. Ada peningkatan sebesar 8.72 poin dari Pre-cycle ke Cycle I. Pada cycle II, nilai rata-rata siswa adalah 87. Ada peningkatan sebesar 10.31 poin dari Cycle I ke Cycle II. Total peningkatan dari Pre-Cycle ke Cycle II sebesar 19.03 poin. Penulis memberikan kesimpulan bahwa teknik Deliberative Democracy dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Peningkatan kemampuan menulis teks naratif siswa kelas sebelas SMAN 2 Magelang tahun ajaran 2015/2016 juga terhitung besar. Penulis memberikan saran kepada guru bahasa Inggris untuk
menerapkan teknik Deliberative Democracy sebagai teknik menulis. Kata kunci: Teknik Deliberative Democracy, Kemampuan menulis, Teks Narrative
194-UN57.4.1.2-2016 | INGGRIS SUG U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain