Text
USING TRIVIAL PURSUIT GAME TO IMPROVE THE DESCRIPTIVE TEXT WRITING SKILL OF THE TENTH GRADERS OF SMA MUHAMMADIYAH 1 MAGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Menulis adalah salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa SMA. Hasil keterampilan menulis teks deskriptif siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Magelang tidak memuaskan. Rata-rata nilai siswa hanya 59, kurang dari persyaratan standar minimal 75. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor internal dan eksternal. penulis melakukan penelitian untuk mengatasi masalah itu dengan menerapkan permainan Trivial Pursuit. Ada dua tujuan utama dalam penelitian ini. Pertama adalah untuk mengetahui apakah penggunaan permainan Trivial Pursuit dapat meningkatkan motivasi belajar dalam menulis teks deskriptif siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Magelang pada tahun ajaran 2015/2016. Kedua adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan menulis teks deskriptif siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Magelang pada tahun ajaran 2015/2016 yang diajarkan menggunakan permainan Trivial Pursuit. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-3 SMA Muhammadiyah 1 Magelang pada tahun pelajaran 2015/2016. Terdiri dari 27 siswa, mereka 12 anak perempuan dan 15 anak laki-laki. Penulis menggunakan Test dan Non-tes untuk mengumpulkan data. penulis membuat 3 tes yang dilakukan pada pra-siklus, siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, mengamati, tindakan, dan refleksi. Penulis juga menggunakan Non-test (observasi, angket, dan dokumentasi). Dalam menganalisis data, penulis menggunakan rumus Fowler dan analisis deskriptif. Penulis menemukan bahwa penggunaan permainan Trivial Pursuit dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Pada tes pertama dalam pra-siklus, nilai siswa hanya bisa mencapai 59 dikategorikan kurang, tetapi meningkat pada siklus I setelah penulis menggunakan permainan Trivial Pursuit dalam proses belajar mengajar. Rata-rata nilai mereka adalah 69,56 dikategorikan cukup. Peningkatan dari tes pra-siklus ke siklus I tes adalah 10,56 poin. Pada tes Siklus II, skor nilai rata-rata adalah 80,22 dikategorikan baik. Peningkatan dari tes siklus I ke siklus II adalah 10,66 poin. Total perbaikan dari tes pra-siklus ke siklus II adalah 21,22 poin. Berdasarkan hasil di atas, penulis menyimpulkan bahwa Trivial Pursuit adalah alternatif permainan yang baik digunakan dalam pengajaran menulis. Hal ini dapat meningkatkan motivasi belajar dari keterampilan menulis teks deskriptif. Dan juga memperbaiki kemampuan menulis teks deskriptif siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang pada tahun ajaran 2015/2016.
195-UN57.4.1.3-2016 | INGGRIS ANI U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain