Text
USING EDMODO MEDIA TO IMPROVE THE RECOUNT TEXT READING SKILL OF THE TENTH GRADERS OF SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Salah satu dari empat ketrampilan Bahasa Inggris adalah membaca, dan teks recount adalah salah satu teks yang harus dikuasai oleh siswa. Nilai siswa masih dibawah nilai standar minmal yaitu 75. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satu diantaranya adalah dalam penggunaan media pada proses belajar mengajar. Oleh karena itu, penulis memfokuskan kasus ini pada penggunaan Edmodo media sebagai media dalam memotivasi belajar mengajar pada ketrampilan membaca teks recount untuk kelas 10 di SMA Muhammadiayah 1 Muntilan. Terkait dengan penjelasan sebelumnya, penulis bertujuan untuk mencapai dua tujuan didalam kasus ini. Pertama, ini bertujuan apakah penggunaan Edmodo media dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam ketrampilan membaca pada teks recount. Kedua, ini bertujan untuk mengetahui seberapa besar perbaikan dalam ketrampilan membaca pada teks recount dengan menggunakan media Edmodo. Penelitian ini adalah Penelitiaan Tindakan Kelas (PTK). Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI dari SMA Muhammadiyah 1 Muntilan. Jumlah siswa adalah 32, terdiri dari 10 laki-laki dan 22 perempuan. Penulis melaksanakan 2 siklus di dalam penelitian ini; yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Penulis menggunakan lembar observasi, lembar angket untuk mengumpulkan data. Dalam menganalisa data, penulis menggunakan pengukuran secara qualitative dan quantitative untuk menemukan hasil. Penulis menemukan bahwa penggunaan media Edmodo di dalam pengajaran ketrampilan membaca pada siswa kelas 10 di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan menghasilkan peningkatan. Terdapat beberapa perubahan positif pada pada motivasi belajar siswa setelah penulis menggunakan Edmodo di kelas Bahasa Inggris. Mereka termotivasi untuk membaca. Pada pra siklus, rata-rata nilai siswa adalah 65.16 tergolong sebagai kategori cukup. Pada siklus I, rata-rata nilai siswa adalah 74.22, tergolong sebagai kategori bagus. Pada siklus II, rata-rata nilai siswa tergolong sebagai kategori bagus. Berdasarkan penjelasan diatas, penulis menyimpulkan bahwa penggunaan media Edmodo dapat meningkatkan motivasi belajar membaca teks recount. Penulis juga menyarankan kepada guru untuk menggunakan Edmodo media dalam kegiatan pembelajaran untuk mendorong motivasi belajar siswa. Kata kuci: Media Edmodo ,Kemampuan Membaca, Teks Recount
196-UN57.4.1.2-2016 | INGGRIS HID U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain