Text
USING ACTING OUT STRATEGY TO IMPROVE THE NARRATIVE TEXT SPEAKING SKILL OF TENTH GRADERS OF SMA ELSHADAI MAGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Berbicara adalah salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang harus dikembangkan oleh siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Tetapi, pemahaman berbicara siswa, khususnya siswa kelas sepuluh SMA El Shadai Magelang tidak memuaskan. Ini dapat dibuktikan dengan rata-rata skor tes berbicara yang tidak memcapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 75. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Penulis melaksanakan sebuah peneliatian untuk mengatasi permasalahan dengan menggunakan strategi Acting Out. Ada dua tujuan utama dalam penelitian ini, pertama adalan untuk mengetahui apakah penggunaan strategiActing Out dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam teks naratif atau tidak, dan kedua adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan pemahaman berbicaran teks naratif pada siswa kelas sepuluh SMA El Shadai Magelang pada tahun ajaran 2015/2016. Penulis melakasanakan sebuah penelitia tindakan kelas. Penelitian ini di bagi menjadi pra siklus, siklus I dan siklus II. Untuk mengoreksi data, penulis mengunakan teknik non tes (observasi, kuesionar, dokumentasi) dan tes. Data analisis mengunakan rumus analisis kualitatif dan kuantitatif. Penulis memilih siswa yang terdiri 11 laki-laki dan 12 perempuan kelas sepuluh SMA El Shadai Magelang sebagai subjek penelitian. Berdasarkan observasi dan kuesionar, hasil analisis menunjukan bahwa sebagian besar siswa mengalami perubahan tingkah laku. Strategi ini dapat meningkatkan motivasi belajar. Dalam pra siklus, siswa memiliki motivasi rendah dalam kelas berbiacara. Dalam siklus I, siswa memiliki motivasi cukup dalam proses belajar. Sedangkan dalam siklus II, siswa memiliki motivasi tinggi dalam kelas berbicara. Mereka termotivasi dan tertarik pada stratgi Acting Out yang membuat mereka lebih mudah untuk memahami teks. Dalam tes pra siklus, skor rata-rata adalah 65.40 kategori cukup. Dalam tes siklus I, skor rata-rata adalah 70.60 kategori baik. Peningkatan dari tes pra siklus ke siklus I adalah 5.2. dalam test siklus II, rata rata skor adalah 78.60. kategori baik. Peningkatan siklus I ke siklus II adalah 8. Peningkatan jumlah pra siklus ke siklus II adalah 13.2. Penulis menyimpulkan bahwa strategi Acting Out dapat meningkatkan motivasi belajar pada pemahaman berbicara teks naratif dan ada peningkatan yang besar pada pemahaman bebicara teks naratif pada siswa kelas sepuluh SMA El Shadai Magelang pada tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci : Strategi Acting Out, keterampilan berbicara, teks narrative
197-UN57.4.1- 2016 | INGGRIS TAN U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain