PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

USING ASSUMPTION BUSTING TECHNIQUE TO IMPROVE THE DESCRIPTIVE TEXT WRITING SKILL OF THE TENTH GRADERS OF MAN TEGALREJO IN THE SCHOOL YEAR 2014/2015

ABDURROHMAN - Nama Orang;

ABSTRAK:
Ada empat keterampilan bahasa yang harus dikembangkan oleh siswa sekolah menengah atas; yaitu keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Menulis adalah salah satu keterampilan penting dalam pengajaran bahasa Inggris yang memerlukan kompetensi dalam mengatur, menulis konten, menerapkan kosakata, tata bahasa dan mekanik. Selain itu, para siswa harus menguasai semua jenis teks, termasuk teks deskriptif. Berdasarkan pengamatan penulis siswa kelas X MAN Tegalrejo mendapatkan kesulitan dalam mengembangkan keterampilan menulis. Nilai rata-rata dari adalah 59, kurang dari nilai standar (KKM) 75. Mereka memiliki kesulitan dalam memilih kosa-kata yang tepat dan mengatur kalimat dalam menulis teks bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah; pertama untuk mengetahui apakah penggunaan teknik Assumption Busting dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam menulis teks deskriptif pada siswa kelas X MAN Tegalrejo tahun ajaran 2014/2015. Kedua, untuk mengetahui apakah penggunaan teknik Assumption Busting dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskriptif siswa kelas X MAN Tegalrejo pada tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini dapat diklasifikasikan ke dalam penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah X MIPA 2 siswa dari MAN Tegalrejo pada tahun ajaran 2014/2015. Ada 34 siswa terdiri dari 22 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki di X MIPA 2 kelas. Penelitian ini dibagi menjadi tiga tahap; Pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan non tes (observasi, kuesioner dan dokumentasi) dan tes. Teknik analisis data yang penulis gunakan adalah kuantitative dan kualitative data analisis. Berdasarkan pengamatan ada terjadi perubahan perilaku beberapa siswa setelah penulis mengajar kelas menulis dengan menggunakan teknik Assumption Busting. Dalam siklus I, ada sedikit perubahan bahwa siswa siap untuk bergabung dengan kelas menulis dengan menggunakan teknik Assumption Busting, meskipun beberapa siswa tidak menunjukkan antusiasme mereka selama proses belajar-mengajar. Sementara di Siklus II, mereka memiliki perhatian yang lebih baik dan lebih aktif untuk terlibat dalam kelas. Mereka tampak tertarik pada teknik Assumption Busting yang memiliki cara yang lebih baik dalam belajar dan mudah dimengerti. Dalam uji Pra-siklus, rata-rata kelas adalah 59,85. Dalam siklus I, rata-rata kelas adalah 67,05. Peningkatan dari tes Pra-siklus ke siklus I tes adalah vii 7.20 poin. Dalam siklus II rata-rata kelas 77,64, peningkatan dari siklus I ke siklus tes II adalah 10,59 poin. Jadi, total perbaikan dari tes pra-siklus ke siklus II adalah 17.79 poin. Berdasarkan uraian di atas, penulis menyimpulkan bahwa penggunaan teknik Assumption Busting dapat meningkatkan motivasi dan juga sangat meningkatkan keterampilan menulis teks deskriptif siswa kelas X MAN Tegalrejo pada tahun ajaran 2014/2015. Penulis menyarankan guru bahasa Inggris untuk menerapkan Teknik Assumption Busting sebagai salah satu teknik pengajaran menulis dan penulis juga menyarankan para siswa untuk menggunakan teknik ini untuk menulis. Kata kunci; Assumption Busting Teknik, teks deskriptif, keterampilan menulis.


Ketersediaan
19-UN57 -4.1-2016INGGRIS ABD U 2015Ruang SkripsiTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
INGGRIS ABD U 2015
Penerbit
MAGELANG : ., 2015
Deskripsi Fisik
xiv;151hal;ilus;29,5cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
420
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BAHASA_INGGRIS
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik