Text
AN ANALYSIS OF CODE SWITCHING OF THE ELEVENTH GRADE ENGLISH TEACHER'S TALK OF SMA N 1 MERTOYUDAN IN THE SCHOOL YEAR 2014/2015
ABSTRAK:
Tujuan dari pelajaran bahasa Inggris adalah untuk mengembangkan keseimbangan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris seperti pengembangan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Guru biasanya menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia saat mengajar bahasa Inggris di kelas untuk memperjelas keterangan. Hal ini terjadi karena siswa memiliki motivasi yang rendah dalam belajar bahasa Inggris dan penguasaan kosakata rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan fungsi alih kode yang digunakan oleh guru bahasa Inggris kelas 11 bahasa Inggris gru di SMA N 1 Mertoyudan pada tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang berfokus pada ujaran guru bahasa Inggris kelas 11 SMA N 1 Mertoyudan sebagai subjeknya. Penulis merekam dan menulis ulangpercakapan yang terjadi di kelas dan mewawancarai guru untuk menganalisa data. Analisa dimulai dengan mencari alih kode yang digunakan oleh guru selama berinteraksi di dalam kelas, kemudian mengidentifikasi jenis alih kode berdasarkan pada teori Wardaugh (1992) dan fungsi alih kode berdasarkan teori dari Mattson dan Burenhult (1999). Temuan menunjukkan bahwa ada dua jenis alih kode berdasarkan teori Wardaugh (1992), yaitu situational code switching sebanyak 30 data dengan presentase 90,90% dan metaphorical code switching sebanyak 3 data dengan presentase 9,10%. Sementara itu, ada tiga fungsi alih kode menurut teori Mattson dan Burenhult (1999), yaitu topic switch sebanyak 2 data dengan presentase 6.07%, affective function sebanyak 16 data dengan presentase 48.48% dan repetitive function sebanyak 15 data dengan presentase 45.45%. Guru disarankan untuk menggunakan alih kode hanya jika diperlukan karena jika digunakan terlalu sering, maka kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris tidak akan meningkat dengan baik.
202-UN57.4.1- 2016 | INGGRIS NUS A 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain