PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

USING STORYBOARD MEDIA TO IMPROVE THE NARRATIVE TEXT WRITING SKILL OF THE TENTH GRADERS OF SMA MUHAMMADIYAH 1 MAGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016

LISA ROSIDA - Nama Orang;

ABSTRAK:
Menulis adalah salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa SMA. Siswa kelas X-2 SMA Muhammadiyah masih mendapatkan kesulitan dalam mengembangkan ketrampilan menulis teks naratif. Nilai rata rata tes siswa hanya
mencapai 65, dapat dikategorikan kurang dari persyaratan nilai ketuntasan minimal 75. Hal ini sangat dipengaruhi baik faktor internal maupun eksternal. Penulis melaksanakan penelitian tindakan kelas untuk mengatasi permasalahan yang ada dengan menerapkan permainanStoryboard Media. Ada dua tujuan utama dalam penelitian ini. Pertama yaitu untuk mengetahui
apakah penggunaan permainan Storyboard Media dapat meningkatkan motivasi belajar dalam menulis teks naratif. Kedua adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan menulis teks naratif siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Magelang pada tahun ajaran 2015/2016 yang diajarkan menggunakan permainan Storyboard Media. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-2 SMA Muhammadiyah 1 Magelang pada tahun pelajaran 2015/2016. Terdiri dari 28 siswa, mereka 11perempuan dan 17 laki-laki. Penulis menggunakan Test dan Non-tes untuk mengumpulkan data. penulis membuat 3 tes yang dilakukan pada prasiklus, siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, mengamati, tindakan, dan refleksi. Penulis juga menggunakan dataNon-test (observasi, angket, dan dokumentasi). Dalam menganalisis data, penulis menggunakan rumus Fowler dan analisis deskriptif. Berdasarkan observasi dan kuesioner penulis,menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki perubahan perilaku, mereka meningkatkan motivasi belajar. Dalam Pra-siklus, siswa memiliki motivasi yang rendah dan menjadi cukup dalam Siklus I. Sementara di Siklus II, mereka motivasi dan tertarik denganStoryboard Media yang membuat mereka lebih mudah untuk memahami isi teks. Dalam pra - siklus,siswa hanya bisa mencapai 58,92, tetapi meningkat pada siklus I setelah penulis menggunakan Storyboard Media dalam proses belajar mengajar. Rata-rata nilaimereka adalah 68,75 dikategorikan cukup.
Peningkatan dari Pra- siklus ke siklus I tes adalah 9,83 poin. Pada tes Siklus II, skorniai rata-rata adalah 80,71 dikategorikan baik. Peningkatan dari siklus I ke siklus II tes adalah 11,96 poin. Total perbaikan dari pra-siklus ke siklus II tes adalah 21,79 poin. Berdasarkan hasil di atas, penulis menyimpulkan bahwa Storyboard Media adalah alternatif media yang baik digunakan dalam pembelajaran menulis. Hal ini dapat meningkatkan motivasi belajar dari keterampilan menulis teks naratif. Dan juga memperbaiki kemampuan menulis teks naratif siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang pada tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci: Storyboard Media, keterampilanMenulis, Teks Naratif, Motivasi Belajar, Penelitian Tindakan Kelas


Ketersediaan
206-UN57.4.1- 2016INGGRIS ROS U 2016Ruang SkripsiTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
INGGRIS ROS U 2016
Penerbit
MAGELANG : ., 2016
Deskripsi Fisik
xvi;160hal;ilus;29,5cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
420
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BAHASA_INGGRIS
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik