Text
USING STORYBOARD MEDIA TO IMPROVE THE NARRATIVE TEXT WRITING SKILL OF THE TENTH GRADERS OF SMA MUHAMMADIYAH 1 MAGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Menulis adalah salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa SMA. Siswa kelas X-2 SMA Muhammadiyah masih mendapatkan kesulitan dalam mengembangkan ketrampilan menulis teks naratif. Nilai rata rata tes siswa hanya
mencapai 65, dapat dikategorikan kurang dari persyaratan nilai ketuntasan minimal 75. Hal ini sangat dipengaruhi baik faktor internal maupun eksternal. Penulis melaksanakan penelitian tindakan kelas untuk mengatasi permasalahan yang ada dengan menerapkan permainanStoryboard Media. Ada dua tujuan utama dalam penelitian ini. Pertama yaitu untuk mengetahui
apakah penggunaan permainan Storyboard Media dapat meningkatkan motivasi belajar dalam menulis teks naratif. Kedua adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan menulis teks naratif siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Magelang pada tahun ajaran 2015/2016 yang diajarkan menggunakan permainan Storyboard Media. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-2 SMA Muhammadiyah 1 Magelang pada tahun pelajaran 2015/2016. Terdiri dari 28 siswa, mereka 11perempuan dan 17 laki-laki. Penulis menggunakan Test dan Non-tes untuk mengumpulkan data. penulis membuat 3 tes yang dilakukan pada prasiklus, siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, mengamati, tindakan, dan refleksi. Penulis juga menggunakan dataNon-test (observasi, angket, dan dokumentasi). Dalam menganalisis data, penulis menggunakan rumus Fowler dan analisis deskriptif. Berdasarkan observasi dan kuesioner penulis,menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki perubahan perilaku, mereka meningkatkan motivasi belajar. Dalam Pra-siklus, siswa memiliki motivasi yang rendah dan menjadi cukup dalam Siklus I. Sementara di Siklus II, mereka motivasi dan tertarik denganStoryboard Media yang membuat mereka lebih mudah untuk memahami isi teks. Dalam pra - siklus,siswa hanya bisa mencapai 58,92, tetapi meningkat pada siklus I setelah penulis menggunakan Storyboard Media dalam proses belajar mengajar. Rata-rata nilaimereka adalah 68,75 dikategorikan cukup.
Peningkatan dari Pra- siklus ke siklus I tes adalah 9,83 poin. Pada tes Siklus II, skorniai rata-rata adalah 80,71 dikategorikan baik. Peningkatan dari siklus I ke siklus II tes adalah 11,96 poin. Total perbaikan dari pra-siklus ke siklus II tes adalah 21,79 poin. Berdasarkan hasil di atas, penulis menyimpulkan bahwa Storyboard Media adalah alternatif media yang baik digunakan dalam pembelajaran menulis. Hal ini dapat meningkatkan motivasi belajar dari keterampilan menulis teks naratif. Dan juga memperbaiki kemampuan menulis teks naratif siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang pada tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci: Storyboard Media, keterampilanMenulis, Teks Naratif, Motivasi Belajar, Penelitian Tindakan Kelas
206-UN57.4.1- 2016 | INGGRIS ROS U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain