Text
USING REACT TECHNIQUE TO IMPROVE THE REPORT TEXT READING SKILL OF THE ELEVENTH GRADERS OF SMA EL SHADAI MAGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2016/2017
ABSTRAK:
Membaca adalah salah satu keterampilan yang harus diajarkan secara efektif oleh guru kepada siswa di SMA. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Tapi, untuk siswa kelas sebelas SMA El Shadai Magelang tahun ajaran 2016/2017, ada dua faktor yang mempengaruhi ketrampilan membaca, yaitu rendahnya motivasi belajar mereka untuk membaca Bahasa Inggris dan teknik mengajar tidak bervariasa yang digunakan oleh guru. Itu membuat nilai rata-rata membaca Bahasa Inggris mereka hanya 67, sementara standar kriteria ketuntasan minimum membaca Bahasa Inggris adalah 75. Ada dua tujuan dalam penelitian ini. Pertama, untuk mengetahui apakah penggunaan teknik REACT dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam
keterampilan membaca teksreport dan,yang kedua untuk mengetahui berapa besar peningkatan tersebut. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas sebelas SMA El Shadai Magelang tahun ajaran 2016/2017 dari sebelas IPS. Dengan jumlah 30 siswa. Penulis menggunakan teknik non tes dan tanpa tes untuk mengumpulkan data. Penulis melakukan penelitian pada 21 Juli 2016 sampai 4 Agustus 2016. Sebagai hasil, di Pra-Siklus, siswa masih memiliki motivasi yang rendah di dalam kelas membaca, pada siklus I, banyak siswa yang tertarik menggunakan tekniVk REACT. Pada Siklus II, siswa memiliki partisipasi yang lebih baik dalam proses belajar mengajar. Nilai rata-rata dari lembar observasi dari Pra-Siklus ke Siklus II adalah 48.67 % , 67.67 % , dan 85.33 %, sedangkan peningkatan itu terjadi 36.67 % dari Pra-Siklus ke Siklus II. Nilai rata-rata siswa dalam Pra-siklus adalah 63.33, pada siklus I adalah 74.50, sedangkan pada Siklus II adalah 86.50. Peningkatan dari Pra-Siklus ke Siklus II adalah 23.17. Penulis menyimpulkan bahwa penggunaan teknik REACT dalam mengajar membaca teks report dapat meningkatkan ketrampilan siswa kelas sebelas SMA El Shadai Magelang tahun ajaran 2016/2017. Penulis menyarankan, baik untuk guru dan siswa, bahwa meraka dapat menggunakan teknik REACT sebagai salah satu teknik dalam proses balajar mengajar. Kata Kunci: TeknikREACT, KeterampilanMebaca, TeksReport.
208-UN57.4.1- 2016 | INGGRIS DEW U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain