Text
USING KAMISHIBAI MEDIA TO IMPROVE THE NARRATIVE TEXT SPEAKING SKILL OF THE ELEVENTH GRADERS OF SMA N 2 GRABAG IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Berbicara adalah salah satu keterampilan yang penting dalam berbahasa inggris yang harus ditingkatkan. Hasil pada keterampilan berbicara teks naratif pada kelas sebelas SMA N 2 Grabag tidak memuaskan. Nilai rata-ratanya hanya 62,75, nilai itu masih dibawah nilai kriteria ketuntasan minilam yaitu 76. Hal itu dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penulis melaksanakan penelitian untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan Kamishibai sebagai media dalam proses pembelajaran. Ada dua tujuan utama dalam penelitian ini. Tujuan pertama adalah untuk mengetahui apakah media Kamishibai dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam berbicara teks naratif pada kelas sebelas SMA N 2 Grabag pada tahun ajaran 2015/2016. Tujuan kedua adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan berbicara teks naratif pada kelas sebelas SMA N 2 Grabag pada tahun ajaran 2015/2016 dengan menggunakan media Kamishibai. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah kelas XI-IPA 2 SMA N 2 Grabag pada tahun ajaran 2015/2016. Terdiri dari 26 siswa, 4 putra dan 22 putri. Dalam penelitian ini terdapat pra-siklus dan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari planning, acting, observing dan reflecting. Penulis menggunakan teknik tes dan non-tes untuk mengumpulkan data. Dalam menganalisa data, penulis menggunakan analisis data qualitatif dan quantitatif.
Berdasarkan observasi dan kuesioner penulis, dapat diketahui bahwa media ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Pada pra-siklus rata-rata nilai motivasinya yaitu 63,14, sedangkan pada siklus I mencapai 68,84 dan pada siklus II yaitu 75,38. Para siswa termotivasi dan tertarik berbicara menggunakan Kamishibai. Pada pra-siklus siswa dapat mencapai nilai 63,30 tetapi pada siklus II meningkat setelah penulis menggunakan Kamishibai dalam proses pembelajaran. Rata-rata nilai mereka yaitu 73,89 dan meningkat 10,59 dari pra-siklus ke siklus I, ini termasuk dalam kategori “good”. Pada siklus II rata-rata nilai siswa yaitu 85,04. Meningkat 11,15 dari siklus I ke siklus II. Peningkatan keseluruhan dari pra-siklus ke siklus II adalah 21,74. Penulis menyimpulkan bahwa Kamishibai adalah media yang menarik dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa Sekolah Menengah Atas. Kamishibai dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada keterampilan berbicara teks naratif. Ada peningkatan besar pada keterampilan berbicara teks naratif pada kelas sebelas SMA N 2 Grabag pada tahun ajaran 2015/2016. Penulis memberikan saran kepada guru bahasa inggris untuk menerapkan Kamishibai sebagai salah satu media pembelajaran terutama dalam keterampilan berbicara dan memberikan saran kepada siswa untuk memperkaya keterampilan berbicara mereka dengan menggunakan media ini. Kata kunci: Media Kamishibai, Keterampilan Berbicara, Teks Naratif, Motivasi pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas.
209-UN57.4.1- 2016 | INGGRIS ROK U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain