Text
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI LEARNING BY DOING BAGI SISWA KELAS V MI AL-HIDAYAH BALEREJO, KALIANGKRIK ,MAGELANG
ABSTRAK:
Erfin Mif’atus Solikhah(2015): Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan strategi learning by doing bagi Siswa Kelas V MI Alhidayah Balerejo, Kaliangkrik, Magelang. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar Menulis puisi merupakan salah satu pembelajaran dalam materi bahasa Indonesia akan tetapi hasil pembelajaran menulis puisi siswa kelas V MI Alhidayah Balerejo belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu nilai 70. Nilai rata-rata pembelajaran menulis puisi siswa, yaitu 65,53 dan3 siswa yang telah mencapai KKM dan 10 siswa belum mencapai nilai KKM. Hal tersebut merupakan fakta bahwa hanya 3 siswa saja yang mencapai nilai KKM, oleh karena itu perlu dicari penyelesaian yang baik supaya pembelajaran keterampilan menulis puisi mencapai hasil yang optimal. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, 1) apakah dengan Strategi Learning By Doing dapat menumbuhkan minat siswa kelas V MI Alhidayah Balerejo terhadap pembelajaran puisi, 2) apakahStrategi Learning By Doing dapat meningkatkan hasil belajar menulis puisi bagi siswa kelas V MI Alhidayah Balerejo. Tujuan penelitian ini adalah, 1) menumbuhkan minat siswa kelas V MI Alhidayah Balerejo terhadap pembelajaran puisi dengan menggunakan strategi Learning By Doing,2) meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V MI Alhidayah Balerejo menggunakan strategi Learning By Doing.
Teori yang digunakan untuk memecahkan permasalahan ini adalah teori pengertian menulis, fungsi dan tujuan menulis, pengertian dan hakikat puisi, ragam puisi, bangun struktur puisi, tahapan menulis puisi, pegertian strategi Learning By Doing. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Alhidayah Balerejo. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada siklus I dilaksanakan dua kali pembelajaran yang menggunkakan Strategi Learning By Doing, dan pada siklus II juga dilakukan dalam satu pembelajaran yang menggunakan Strategi Learning By Doing. Tahapan pada tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan danrefleksi. Data nontes dipaparkan pada siklus I dan siklus II yang meliputi observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa Strategi Learning By Doing terbukti lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi. Strategi Learning By Doing juga terbukti dapat menumbuhkan minat siswa dalam pembelajaran menulis puisi, dan yang kedua penggunaan Strategi Learning By Doing dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa. Peningkatan nilai siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi menggunakan Strategi Learning By Doing dapat dilihat pada kenaikan nilai dari tiap siklusnya. Pada pembelajaran prasiklus, nilai rata-rata siswa mencapai 65,53. Pembelajaran I siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 68,53, pada pembelajaran kedua meningkat menjadi 75,92. Pada pembelajaran pertama siklus II pertemuan pertama nilai rata-rata menjadi 83,69. Strategi Learning By Doing dapat dipakai dalam pembelajaranmenulis puisi, karena terbukti dapat meningkatkan nilai keterampilan menulis puisi. Simpulan pembelajaran menulis puisi menggunakan Strategi Learning By Doing memperoleh hasil yang baik, hal ini dapat dilihat dengan kenaikan nilai siswa. Pada pembelajaran prasiklus 3 siswa yang mencapai KKM nilai rata-rata siswa 65,53 dan pada akhir pembelajaran kedua siklus II siswa yang mencapai KKM 12 siswa atau 92,30%, persentase kenaikan nilai siswa yaitu 7,69%. Saran berdasarkan simpulan dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hasil pembelajaran menulis puisi mengalami peningkatan setelah digunakannyaStrategi Learning By Doing. Pengajar sebaiknya menggunakan bervariasi media pembelajaran, supaya siswa lebih berminat dan terampil dalammenulis puisi. Kata kunci : Peningkatan, Keterampilan menulis puisi,StrategiLearning By Doing.
20-UN57.4.1.4-2016 | INDONESIA SOL U 2015 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain