PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI LEARNING BY DOING BAGI SISWA KELAS V MI AL-HIDAYAH BALEREJO, KALIANGKRIK ,MAGELANG

ERFIN MIFATUS SOLIKHAH - Nama Orang;

ABSTRAK:
Erfin Mif’atus Solikhah(2015): Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan strategi learning by doing bagi Siswa Kelas V MI Alhidayah Balerejo, Kaliangkrik, Magelang. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar Menulis puisi merupakan salah satu pembelajaran dalam materi bahasa Indonesia akan tetapi hasil pembelajaran menulis puisi siswa kelas V MI Alhidayah Balerejo belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu nilai 70. Nilai rata-rata pembelajaran menulis puisi siswa, yaitu 65,53 dan3 siswa yang telah mencapai KKM dan 10 siswa belum mencapai nilai KKM. Hal tersebut merupakan fakta bahwa hanya 3 siswa saja yang mencapai nilai KKM, oleh karena itu perlu dicari penyelesaian yang baik supaya pembelajaran keterampilan menulis puisi mencapai hasil yang optimal. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, 1) apakah dengan Strategi Learning By Doing dapat menumbuhkan minat siswa kelas V MI Alhidayah Balerejo terhadap pembelajaran puisi, 2) apakahStrategi Learning By Doing dapat meningkatkan hasil belajar menulis puisi bagi siswa kelas V MI Alhidayah Balerejo. Tujuan penelitian ini adalah, 1) menumbuhkan minat siswa kelas V MI Alhidayah Balerejo terhadap pembelajaran puisi dengan menggunakan strategi Learning By Doing,2) meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V MI Alhidayah Balerejo menggunakan strategi Learning By Doing.
Teori yang digunakan untuk memecahkan permasalahan ini adalah teori pengertian menulis, fungsi dan tujuan menulis, pengertian dan hakikat puisi, ragam puisi, bangun struktur puisi, tahapan menulis puisi, pegertian strategi Learning By Doing. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Alhidayah Balerejo. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada siklus I dilaksanakan dua kali pembelajaran yang menggunkakan Strategi Learning By Doing, dan pada siklus II juga dilakukan dalam satu pembelajaran yang menggunakan Strategi Learning By Doing. Tahapan pada tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan danrefleksi. Data nontes dipaparkan pada siklus I dan siklus II yang meliputi observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa Strategi Learning By Doing terbukti lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi. Strategi Learning By Doing juga terbukti dapat menumbuhkan minat siswa dalam pembelajaran menulis puisi, dan yang kedua penggunaan Strategi Learning By Doing dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa. Peningkatan nilai siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi menggunakan Strategi Learning By Doing dapat dilihat pada kenaikan nilai dari tiap siklusnya. Pada pembelajaran prasiklus, nilai rata-rata siswa mencapai 65,53. Pembelajaran I siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 68,53, pada pembelajaran kedua meningkat menjadi 75,92. Pada pembelajaran pertama siklus II pertemuan pertama nilai rata-rata menjadi 83,69. Strategi Learning By Doing dapat dipakai dalam pembelajaranmenulis puisi, karena terbukti dapat meningkatkan nilai keterampilan menulis puisi. Simpulan pembelajaran menulis puisi menggunakan Strategi Learning By Doing memperoleh hasil yang baik, hal ini dapat dilihat dengan kenaikan nilai siswa. Pada pembelajaran prasiklus 3 siswa yang mencapai KKM nilai rata-rata siswa 65,53 dan pada akhir pembelajaran kedua siklus II siswa yang mencapai KKM 12 siswa atau 92,30%, persentase kenaikan nilai siswa yaitu 7,69%. Saran berdasarkan simpulan dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hasil pembelajaran menulis puisi mengalami peningkatan setelah digunakannyaStrategi Learning By Doing. Pengajar sebaiknya menggunakan bervariasi media pembelajaran, supaya siswa lebih berminat dan terampil dalammenulis puisi. Kata kunci : Peningkatan, Keterampilan menulis puisi,StrategiLearning By Doing.


Ketersediaan
20-UN57.4.1.4-2016INDONESIA SOL U 2015Ruang SkripsiTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
INDONESIA SOL U 2015
Penerbit
MAGELANG : ., 2015
Deskripsi Fisik
xx,94hal,29,5cm,ilus
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BAHASA_DAN_SASTRA_INDONESIA
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik