Text
USING I SEE GAME (ISG) TO IMPROVE THE DESCRIPTIVE TEXT WRITING SKILL OF THE TENTH GRADERS OF SMA KRISTEN INDONESIA IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Menulis adalah salah satu dari empat ketrampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa SMA. Tetapi, siswa kelas sepuluh di SMA Kristen Indonesia menemukan beberapa kesulitan dalam pemahaman menulis, terutama pada teks deskriptif tersebut. Ini dapat dibuktikan dari rata-rata skor teks menulis yang hanya 60. Hasil tersebut tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 70. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Penulis melaksanakan sebuah penelitian untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan permainan I See Game (ISG). Ada dua tujun utama dalam penelitian ini. Pertama adalah untuk mengetahui apakah penggunaan permainan I See Game (ISG) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam teks deskriptif atau tidak. Kedua adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan pemahaman menulis teks deskriptif pada siswa kelas sepuluh SMA Kristen Indonesia pada tahun ajaran 2015/2016. Penulis melaksanakan sebuah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dibagi menjadi Siklus awal, Siklus I dan Siklus II. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan teknik non tes (observasi, kuesionar, dokumentasi) dan tes. Data dianalisis menggunakan kuantitatif data dan kualitatif data. Penulis memilih 17 siswa kelas sepuluh SMA Kristen Indonesia sebagai subjek penelitian. Berdasarkan observasi dan kuesionar penulis, hasil menunjukan bahwa sebagian besar siswa mengalami perubahan tingkah laku. Dalam Siklus awal, siswa memiliki motivasi rendah pada kelas menulis. Dalam Siklus I, hasil menunjukkan bahwa siswa memiliki motivasi sedang dalam proses pembelajaran. Sedangkan dalam Siklus II, para siswa memliki motivasi yang tinggi dan tertarik dengan permainan I See Game (ISG). Permainan tersebut membuat para siswa mudah untuk mengerti tentang isi di dalam teks, Dalam tes Siklus awal skor rata rata menulis adalah 50.11 (rendah). Dalam tes Siklus I skor rata-rata menulis adalah 63.35 (cukup). Dalam tes Siklus II, skor rata-rata menulis adalah 80.17 (baik). Total peningkatan dari tes Siklus awal ke tes Siklus II adalah 30.06 poin. Berdasarkan penjelasan di atas, penulis menyimpulkan bahwa I See Game (ISG) dapat meningkatkan motivasi belajar pada pemahaman menulis teks deskriptif pada siswa kelas sepuluh SMA Kristen Indonesia pada tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci: I See Game (ISG), Teks Deskriptif, Motivasi Belajar.
210-UN57.4.1- 2016 | INGGRIS GUN U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain