Text
USING CLICK AND CLUNK STRATEGY TO IMPROVE THE NARRATIVE TEXT READING SKILL OF ELEVENTH GRADERS OF SMA MUHAMMADIYAH 1 MAGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Ketrampilan membaca adalah salah satu dari empat ketrampilan berbahasa yang harus ditingkatkan oleh siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Akan tetapi, siswa kelas sebelas SMA Muhammadiyah 1 Magelang masih mengalami kesulitan dalam pembelajaran membaca, khususnya teks naratif. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata tes ketrampilan membaca hanya 61,65. Nilai ini belum mencapai standar pencapaian minimal yaitu 75. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi tersebut. Penulis melaksanakan penelitian untuk mengatasi permasalahan yang ada dengan menerapkan Strategi Click dan Clunk. Ada dua tujuan utama dalam penelitian ini. Pertama yaitu untuk mengetahui apakah penggunaan Strategi Click dan Clunk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam ketrampilan membaca teks narratif pada kelas
sebelas SMA Muhammadiyah 1 Magelang pada tahun pelajaran 2015/2016 atau tidak. Kedua yaitu untuk mengetahui seberapa besar peningkatan ketrampilan membaca teks naratif siswa kelas sebelas SMA Muhammadiyah 1 Magelang pada tahun ajaran 2015/2016 yang diajarkan menggunakan Strategi Click dan Clunk. Penelitian tindakan kelas ini dibagi menjadi pra-siklus, siklus I dan siklus II. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan non-tes (observasi, angket dan dokumentasi) dan tes membaca. Data dianalisis menggunakan rumus Fowler dan analisis deskriptif. Penulis mengambil kelas sebelas SMA Muhammadiyah 1 Magelang sebagai subjek dalam penelitian. Berdasarkan hasil observasi dan angket penulis, menunjukkan bahwa sebagian siswa mempunyai perubahan perilaku, mereka memperbaiki motivasi belajar. Pada pra-siklus siswa mempunyai motivasi rendah dalam kelas membaca. Pada siklus I, menunjukkan bahwa siswa mempunyai motivasi cukup dalam proses pembelajaran. Sementara pada siklus II, mereka mempunyai motivasi tinggi dan tertarik pada Strategi Click dan Clunk yang dapat membuat mereka lebih mudah untuk mengerti isi teks. Pada pra-siklus rata-rata nilai adalah 61,65, termasuk kategori cukup. Pada tes siklus I, nilai rata-rata adalah 72,78, termasuk kategori baik. Kenaikan dari pra-siklus ke siklus I adalah 11,13 poin. Pada siklus II nilai rata-rata adalah 85,39, termasuk kategori sangat baik. Kenaikan dari siklus I ke siklus II adalah 12,61 poin. Jumlah kenaikan dari pra-siklus ke siklus II adalah 23,74 poin. Berdasarkan hasil analisis penulis menyimpulkan bahwa Strategi Click dan Clunk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada ketrampilan membaca teks naratif. Terdapat juga peningkatan yang baik pada ketrampilan membaca teks naratif siswa kelas sebelas SMA Muhammadiyah 1 Magelang pada tahun ajaran 2015/2016. Keyword: Strategi Click dan Clunk, Ketrampilan Membaca, Teks Naratif, Motivasi belajar, Penelitian Tindakan Kelas.
211-UN57.4.1- 2016 | INGGRIS PUS U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain