Text
USING RETELLING STRATEGY TO IMPROVE THE NARRATIVE TEXT READING COMPREHENSION OF TENTH GRADERS OF SMA MUHAMMADIYAH 1 KOTA MEGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Muhammad Tamziz Pradana (2016):“Menggunakan Strategi Retelling untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Teks Naratif pada Siswa Kelas Sepuluh SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang pada Tahun Ajaran 2015/2016”. Skripsi. Magelang. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Membaca adalah satu dari empat keterampilan berbahasa yang harus dikembangkan oleh siswa dalam belajar Bahasa Inggris. Tetapi, pemahaman membaca siswa, khususnya siswa kelas sepuluh SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang tidak memuaskan. Hal ini dapat dibuktikan dengan rata-rata skor tes membaca yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 75. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Penulis melaksanakan sebuah penelitian untuk mengatasi permasalahan dengan menggunakan strategi Retelling. Ada dua tujuan utama dalam penelitian ini, pertama adalah untuk mengetahui apakah penggunaan strategi Retelling dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam teks naratif atau tidak, dan kedua adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan pemahaman membaca teks naratif pada siswa kelas sepuluh SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang pada tahun ajaran 2015/2016. Penulis melaksanakan sebuah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dibagi menjadi pra siklus dan siklus I. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan teknik non tes (observasi, kuesionar, dokumentasi) dan tes. Data dianalisis menggunkan rumus Fowler dan analisis deskriptif. Penulis memilih siswa kelas sepuluh SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang sebagai subjek penelitian. Ada 27 siswa terdiri dari 16 laki-laki dan 11 perempuan. Berdasarkan hasil observasi dan kuesionar menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami perubahan tingkah laku. Strategi ini dapat meningkatkan motivasi belajar. Dalam pra siklus, siswa memiliki motivasi rendah pada kelas membaca dengan skor observasi yaitu 62. Sedangkan dalam siklus I, skor observasi adlah 77, mereka termotivasi dan tertarik pada strategi Retelling yang membuat mereka lebih mudah untuk memahami isi teks. Dalam tes pra siklus, skor rata-rata adalah 68. Dalam tes siklus I, skor rata-rata adalah 77. Peningkatan dari tes pra siklus ke siklus I adalah 9 poin. Penulis menyimpulkan bahwa strategi Retelling dapat meningkatkan motivasi belajar pada pemahaman membaca teks naratif dan ada peningkatan yang besar pada pemahaman membaca teks naratif pada siswa kelas sepuluh SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang pada tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci: Strategi Retelling, Teks Naratif, Pemahaman Membaca
214-UN57.4.1- 2016 | INGGRIS PRA U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain