Text
USING GUIDING QUESTIONS TECHNIQUE TO IMPROVE THE DESCRIPTIVE TEXT WRITING SKILL OF THE TENTH GRADERS OF MAN PARAKAN TEMANGGUNG IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Nilai rata-rata keterampilan menulis teks deskriptif siswa kelas sepuluh MAN Parakan Temanggung pada tahun ajaran 2015/2016 tidak memenuhi standar kriteria kelulusan minimal, yaitu sekitar 63. Permasalah ini disebabkan oleh rendahnya motivasi siswa dan kurangnya latihan menulis. Ada dua tujuan utama dalam penelitian ini, yaitu pertama untuk
mengetahui apakah penggunaan teknik Guiding Questions dapat meningkatkan motivasi siswa belajar menulis teks eskriptif. Yang kedua adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan menulis teks deskriptif para
siswa. Penelitian ini adalah sebuahPenelitian Tindakan Kelas. Subyek penlitian ini adalah siswa kelas sepuluh MAN Parakan Temanggung pada tahun ajaran 2015/2016 yang melibatkan 33 siswa terdiri dari 21 siswi dan 12 siswa. Penulis menggunakan observasi, angket dan dokumentasi sebagai alat bukan test dansebuah test untuk mengumpulkan data. Data tersebut dianalisis menggunakan Fowler’s Formula dan analisis deskriptif. Nilai rata-rata siswa kelas sepuluh MAN Parakan Temanggung pada tahun ajaran 2015/2016 telah meningkat setelah diajarkan menggunakan teknik Guiding Questions. Pada pra siklus I, nilai rata-rata para siswa dalam tes menulis adalah 63,63 poin. Setelah mereka diajarkan menggunakan teknik Guiding Questions pada Cycle I, nilai rata-rat mereka adalah 72,54poin. Peningkatan dari pra siklus
ke siklus I adalah 8,91 poin. Kemudian, pada tes siklus II, nilai rata-rata yang didapat adalah 85,18 poin. Peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah 12,64 poin. Jumlah peningkatan dari pra siklus ke siklus II adalah 21,55 poin. Berdasarkan hasilanalisidi atas, penulis dapat menyimpulkan bahwa menggunakan teknik Guiding Questions dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam menulis teks deskriptif dan terjadi peningkatan keterampilan menulis teks deskriptif oleh siswa kelas sepuluh MAN Parakan Temanggung pada tahun ajaran 2015/2016.
217-UN57.4.1- 2016 | INGGRIS OKT U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain