Text
USING OREO (OPINION-REASON-EXAMPLE-OPINION) STRATEGY TO IMPROVE THE HORTATORY EXPOSITION TEXT WRITING SKILL OF THE ELEVENTH GRADERS OF MAN PARAKAN TEMANGGUNG IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Menulis adalah salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikembangkan oleh siswa di setiap jenjang pendidikan, namun siswa kelas sebelas MAN Parakan Temanggung masih mengalami kesulitan terutama dalam menulis teks eksposisi hortatori. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata tes menulis yaitu 57. Perolehan nilai mereka ini masih di bawah nilai standar minimal yaitu 75. Ada banyak faktor yang menyebabkan kondisi ini. Penulis melakukan penelitian dengan mengaplikasikan strategi OREO. Ada dua tujuan dalam penelitian ini, pertama untuk mengetahui apakah penggunaan strategi OREO dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mengembangkan keterampilan menulis teks eksposisi hortatori atau tidak dan yang kedua adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan menulis teks eksposisi hortatory siswa kelas sebelas MAN Parakan Temanggung tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas sebelas IPA 4 MAN Parakan Temanggung tahun ajaran 2015/2016. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan tes dan non tes sebagai teknik untuk mengumpulkan data. Penulis memberikan tes menulis teks eksposisi hortatori pada Pra siklus, siklus I, dan siklus II. Untuk non-tes,penulis menggunakan observasi dan questionnaire. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan Fowler’s formula dan Descriptive analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi OREO memberikan kontribusi dalam meningkatkan keterampilan siswa menulis teks eksposisi hortatori. Berdasarkan hasil observasi dan questionnaire, menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi siswa setelah siswa diajarkan menggunakan strategi OREO. Peningkatan juga terjadi dalam tes menulis. Pada tes pra siklus, skor rata-rata adalah 56.24. Pada tes siklus I, skor rata-rata adalah 69, sedangkan pada tes siklus II skor rata-rata adalah 80.67. Peningkatan total skor siswa adalah 24.43. Berdasarkan analisis data, penulis menyimpulkan bahwa strategi OREO
dapat meningkatkan motivasi siswa dalam mengembangkan keterampilan menulis teks eksposisi hortatori dan meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi hortatori pada siswa kelas sebelas MAN Parakan Temanggung. Key words: OREO Strategy, Hortatory Exposition Text, Writing Skill.
218-UN57.4.1- 2016 | INGGRIS SEP U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain