Text
USING FLASHCARDS AS A MEDIA TO IMPROVE ENGLISH VOCABULARY MASTERY OF FOURTH GRADE STUDENTS IN SDN NGABLAK 2 IN THE SCHOOL YEAR OF 2016/2017
ABSTRAK:
Kosakata merupakan salah satu elemen penting dalam pengajaran bahasa Inggris. Berdasarkan pra-penelitian, siswa kelas empat SD Negeri Ngablak 2 di tahun pelajaran 2016/2017 mempunyai masalah dalam menguasai kosa kata. Hal ini dapat dilihat dari dua indikator, pertama, skor mereka rendah. Kedua, para siswa tidak memiliki motivasi selama mengikuti proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian tindakan kelas menggunakan flashcard diimplementasikan sebagai media. Terdapat dua tujuan utama dalam penelitian ini, pertama, untuk mengetahui apakah Flashcard sebagai Media dapat meningkatkan motivasi siswa dalam penguasaan kosakata siswa kelas empat SDN Ngablak 2, dan yang kedua adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan penguasaan kosakata kelas empat SDN Ngablak 2 yang difasilitasi menggunakan Flashcard sebagai media. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Ada dua siklus tindakan. Dalam setiap siklus, prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Teknik data qualitatif adalah wawancara, observasi, analisis dokumen, dan tes. Untuk data kuantitatif, data dianalisis dengan mencari dan membandingkan nilai rata-rata pre-test dan post-test (statistik deskriptif). Berdasarkan wawancara, observasi, analisis dokumen, dan hasil tes, para siswa mengalami peningkatan penguasaan kosakata. Para siswa dapat belajar kosa kata dengan mudah. Ketika flashcards digunakan pada siswa, siklus I dan II siswa aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Tes skor Hasil menunjukkan peningkatan prestasi siswa disekolah. Skor siswa dalam pre-test adalah 57,26%, pada siklus I adalah 67.50%, dan pada siklus II adalah 75%. Berdasarkan uraian di atas penulis menyimpulkan bahwa menggunakan Flashcards sebagai media dapat meningkatkan motivasi dalam penguasaan kosakata. Flashcards adalah salah satu media yang dapat diterapkan dalam pembelajaran kosakata. Dan untuk siswa disekolah harus aktif dan juga memiliki partisipasi yang baik selama proses belajar mengajar. Kata kunci: media flashcards, penguasaan kosakata
220-UN57.4.1- 2016 | INGGRIS PUR U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain