Text
USING CSW (CATCH, SPEAK, WRITE) GAME TO IMPROVE THE DESCRIPTIVE TEXT SPEAKING SKILL OF THE TENTH GRADERS OF SMA NEGERI 2 GRABAG IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Berbicara adalah salah satu kemampuan bahasa Inggris yang sulit dan harus ditingkatkan. Hasil keterampilan berbicara teks deskriptif siswa kelas X SMA N 2 Grabag tidak memuaskan. Rata-rata hanya 70,kurang dari nilai standar yang seharusnya 76. Ada dua tujuan penting dalam penelitian ini: pertama, untuk mengetahui apakah penggunaan permainan CSW (Catch, Speak, Write) dapat meningkatkan motivasi belajar dalam teks deskriptif keterampilan berbicara kelas X SMAN 2
Grabag pada tahun ajaran 2015/2016. Kedua, adalah untuk mengetahui seberapa tinggi peningkatan keterampilan berbicaradalam teks deskriptif dari kelas X SMAN 2 Grabag pada tahun ajaran 2015/2016 yang diajar menggunakan permainan CSW (Catch, Speak, Write). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X1 SMA N 2 Grabag pada tahun ajaran 2015/2016. Yang terdiri dari 32 siswa. Ada 3 siklus dalam penelitian ini, SiklusAwal, Siklus I, dan Siklus II. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penulis menggunakaninstrumen Test dan Non-Test untuk mengumpulkan data. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan pengamatan penulis dan kuesioner, data menunjukkan bahwa permainan ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Dalam siklus awal rata-rata skor motivasi adalah 61.24, sedangkan pada siklus I, mencapai 64,37 dan pada siklus II adalah 70,62. Mereka termotivasi dan tertarik untuk berbicara menggunakan permainan CSW. Dalam Siklusawal, skor motivasi siswa mencapai 63,03,hal itu meningkat pada siklus I setelah penulis menggunakan permainan CSW dalam proses belajar mengajar. Rata-rata skor adalah 74,84 dan itu telah meningkat 1,48 dari Pra-Siklus ke Siklus I, diklasifikasikan dalam kategori baik. Dalam Siklus II skor rata-rata siswa adalah 81,25. Itu telah meningkat 6.41 dari siklus I ke siklus II. Total perbaikan dari Siklus awal ke Siklus II adalah 21,22. Penulis menyarankan guru bahasa Inggris untuk menerapkan permainan CSW sebagai salah satu permainan bahasa terutama dalamketrampilan berbicara dan juga menyarankan para siswa untuk memperkaya ketrampilan berbicara mereka menggunakan permainan ini. Katakunci: permainan CSW ( Catch, Bicara , Menulis ), keterampilan berbicara , Teks Deskriptif
228-UN57.4.1- 2016 | INGGRIS SAV U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain