Text
USING STORY COMPLETION TECHNIQUE TO IMPROVE THE NARRATIVE TEXT SPEAKING SKILL OF THE ELEVENTH GRADERS OF SMA N 5 MAGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2016/2017
ABSTRAK:
Ima Nur Hapsari (2016). Menggunakan Teknik Story Completion untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Teks Naratif pada Kelas Sebelas SMA N 5 Magelang pada Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi: Magelang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar . Berbicara adalah salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa SMA. Banyak siswa SMA menemukan banyak kesulitan dalam berbicara bahasa inggris. Hasil dari keterampilan berbicara teks naratif siswa kelas sebelas SMA N 5 Magelang tidak memuaskan. Nilai rata-ratanya hanya 67.25, nilai tersebut kurang dari persyaratan nilai minimal 76. Hal ini dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Penulis melaksanakan penelitian tindakan kelas untuk mengatasi permasalahan yang ada dengan menerapkan teknik Story Completion. Ada dua tujuan dalam penelitian ini. Pertama yaitu untuk mengetahui apakah penggunaan teknik Story Completion dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam keterampilan berbicara teks naratif. Kedua adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan berbicara teks naratif siswa kelas XI SMA N 5 Magelang yang diajarkan menggunakan teknik Story Completion. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 5 SMA N 5 Magelang pada tahun pelajaran 2016/2017. Penulis mengumpulkan data siswa yang berupa test dan non-tes. Data tersebut dianalisa menggunakan analisis kualitative dan kuantitatif. Peningkatan motivasi siswa dapat dilihat dari hasil observasi pra-siklus yang mana 48.84, pada siklus I yaitu 59.61, dan pada siklus II yaitu 88.84. Nilai test mereka juga meningkat. Hal itu dapat dilihat dari hasil test pada pra–siklus yang mana 68.15, pada siklus I yaitu 74.30, dan pada siklus II yaitu 84.15. Peningkatan dari pra-siklus ke siklus I tes yaitu 6.15 poin. peningkatan dari siklus I ke siklus II tes adalah 9.85 poin. Total peningkatan dari pra-siklus ke siklus II tes adalah 16.00 poin. Berdasarkan hasil di atas, penulis menyimpulkan bahwa teknik Story Completion adalah alternatif teknik yang baik untuk digunakan dalam pembelajaran berbicara. Teknik ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam keterampilan berbicara teks naratif. Dan juga ada peningkatan yang besar dalam keterampilan berbicara teks naratif siswa kelas sebelas SMA N 5 Magelang pada tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Teknik Story Completion, Keterampilan Berbicara, Teks Naratif, Motivasi Belajar, Penelitian Tindakan Kelas.
230-UN57.4.1- 2016 | INGGRIS HAP U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain