Text
SKRIPSI USING UCME (UNCOVER, CONCENTRATE, MONITOR, EVALUATION) TECHNIQUE TO IMPROVE THE REPORT TEXT WRITING SKILL OF THE NINTH GRADERS OF SMP AL-IMAN PARAKAN IN THE SCHOOL YEAR OF 2016/2017
ABSTRAK:
Menulis adalah salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa SMP dalam pembelajaran bahasa termasuk bahasa Inggris. Banyak siswa kelas IX SMP Al-Iman Parakan. masih mengalami kesulitan dalam menulis bahasa Inggris terutama dalam teks report. Terbukti dengan hasil skor rata-rata tes menulis dari 28 siswa adalah 68. Nilai ini belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu 75. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi tersebut. Penulis mencoba mengatasi masalah tersebut dengan mengaplikasikan teknik UCME. Terdapat dua tujuan dari penelitian ini. Pertama, yaitu untuk mengetahui apakah penggunaan teknik UCME dapat meningkatkan motivasi belajar menulis teks report pada siswa kelas sembilan SMP Al-Iman Parakan pada tahun ajaran 2016/2017. Dan yang kedua adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan menulis siswa kelas IX SMP Al-Iman Parakan pada tahun ajaran 2016/2017 yang diajar dengan menggunakan teknik UCME. Penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dibagi dalam Pra siklus, Siklus I dan Siklus II .suatu peneliti mengambil kelas Kesembilan dari SMP Al-Iman Parakan sebagai subyek penelitian. Hal ini dibagi menjadi tiga tahap; Siklus pra-, Siklus I dan Siklus II. Dalam mengumpulkan data, penlis menggunakan teknik non-test (observasi, angket, wawancara dan dokumentasi), dan test. . Dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Subjek dari penulisan ini adalah siswa kelas IX karena nilai mereka masih dibawah rata-rata. Terdapat 28 siswa dikelas ini. Berdasarkan hasil pengamatan dan angket menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi siswa setelah penulis mengajar siswa menggunakan teknik UCME dalam keterampilan menulis teks report. Nilai rata-rata hasil pengamatan dari Pra-Siklus ke Siklus II adalah 52,85, 65,70, dan 80,35, sedangkan peningkatannya adalah 27,5 dari Pra-Siklus ke Siklus II. Rata-rata skor siswa meningkat. Dalam Pra-Siklus, nilai rata-rata adalah 58,71. Hasil test pada siklus I adalah 68,85, sedangkan pada siklus II adalah 2,03. Sementara, peningkatan dari Pra-Siklus ke Siklus II adalah 23,32 poin. Penulis menyimpulkan bahwa teknik UCME dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam menulis teks report siswa kelas IX SMP Al-Iman Parakan pada tahun ajaran 2016/2017. Dan terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil nilai rata-rata mereka setelah diajar menggunakan teknik tersebut. Penulis menyarankan guru untuk lebih kreatif dalam memberikan pengajaran yang menarik untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Guru bisa menggunakan teknik UCME sebagai salah satu teknik dalam pengajaran menulis di SMP. Sementara, siswa harus aktif dan kreatif selama proses belajar mengajar. Kata Kunci : Teknik UCME, Teks Report, Keterampilan Menulis
232-UN57.4.1- 2016 | INGGRIS SUL U 2016 | Ruang Skripsi (BAHASA INGGRIS) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain