Text
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI SUKOREJO 2 TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
ABSTRAK:
Ada dua tujuan dalam penelitian ini. Yang pertama, untuk mengetahui apakah teknik siswa kelas VI SD Negeri Sukorejo 2 Kecamatan Mertoyudan Tahun Pelajaran 2015/2016 dapat meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa kelas VI SD Negeri Sukorejo 2 Kecamatan Mertoyudan Tahun Pelajaran 2015/2016. Yang kedua, untuk mengetahui seberapa banyak teknik Pembelajaran Kooperatif Model Make A Match dalam meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa kelas VI SD Negeri Sukorejo 2 Kecamatan Mertoyudan Tahun Pelajaran 2015/2016. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Sukorejo 2
Kecamatan Mertoyudan Tahun Pelajaran 2015/2016. Penulis mengambil 20 siswa sebagai sampel. Dalam penelitian ini peneliti membagi menjadi siklus awal, siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan
refleksi. Dalam siklus awal siswa diminta untuk mengerjakan tes kosakata tanpa penerapan teknik Pembelajaran Kooperatif Model Make A Match. Dalam siklus I dan siklus II siswa diminta mengerjakan tes kosakata setelah siswa diajar dengan
teknik Pembelajaran Kooperatif Model Make A Match. Teknik tersebut dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas VI SD Negeri Sukorejo 2 Kecamatan Mertoyudan Tahun Pelajaran 2015/2016. Peningkatannya dapat dilihat melalui tes kosakata siswa yaitu 62 pada siklus awal, 72 pada siklus I, dan 83 pada siklus II. Berdasarkan penemuan di atas, peneliti dapat menyimpulkan bahwa Pembelajaran Kooperatif Model Make A Match efektif dalam neningkatkan penguasaan kosakata siswa. Para guru disarankan menggunakan teknik Pembelajaran Kooperatif Model Make A Match sebagai salah satu alternatif. Kata kunci: teknik make a match, kosakata
236-UN57.4.1-2016 | INGGRIS SAR U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain