Text
USING JEOPARDY GAME TO IMPROVE THE VOCABULARY MASTERY OF THE FOURTH GRADE STUDENTS OF SDN PASURUHAN 4 IN THE SCHOOL YEAR 2016/2017
ABSTRAK:
Kosakata adalah bagian penting dari bahasa dalam penguasaan empat ketrampilan berbahasa. Dalam penerapannya, penulis masih menemukan banyak siswa yang masih lemah penguasaan kosakatanya. Tehnik – tehnik mengajar yang digunakan guru juga masih membingungkan siswa dalam belajar menguasai kosakata. Untuk mengatasinya, penulis mencoba menerapkan tehnik jeopardy game dalam meningkatkan kemampuan kosakata pada siswa kelas empat di SDN Pasuruhan 4 ada tahun ajaran 2016/2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah jeopardy game efekttiv meningkatkan kemampuan kosakata siswa dan mengukur peningkatan kemampuan siswa dalam menguasai kosakata dengan menggunakan tehnik jeopardy game. Penulis mengajar kelas empat SDN Pasuruhan 4 sebagai subjek penelitian yang berjumlah 23 siswa. Penulis menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dibagi menjadi dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat langkah, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sebelum memulai siklus I, siswa diberikan tes siklus awal untuk mengetahui kemampuan penguasaan kosakata. Sedangkan siklus I dan siklus II bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan penguasaan kosakata siswa dengan tehnik pembelajaran menggunakan jeopardy game.
Dari data analisis yang didapat menunjukkan adanya peningkatan sebesar 17.17 poin setelah siswa diajarkan kosakata menggunakan tehnik jeopardy game. Nilai rata – rata siswa yang didapat ada siklus awal adalah 58.04, pada siklus I
adalah 64.56, dan ada siklus II adalah 74,21 yang termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil diatas , penulis menyimpulkan bahwa menggunakan jeopardy game efektiv meningkatkan penguasaan kosakata siswa pada siswa kelas empat di SDN Pasuruhan 4 ada tahun ajaran 2016/2017. Penulis menyarankan pada pengajar bahasa Inggris untuk menggunakan jeopardy game sebagai tehnik alternativ dalam belajar kosakata.
240-UN57.4.1-2016 | INGGRIS OKT U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain