Text
AN ANALYSIS OF REPRESENTATIVE AND EXPRESSIVE ILLOCUTIONARY ACTS IN THE ELEVENTH GRADERS'ENGLISH TEACHER'S UTTERANCES OF AMS N 1 KOTA MUNGKID IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Bahasa Inggris adalah bahasa asing yang telah menjadi mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Seorang guru bahasa Inggris mempunyai peran penting dalam proses belajar mengajar. Guru bahasa Inggris adalah model untuk para siswa dan membimbing siswa dalam mempelajari bahasa Inggris. Keberhasilan dalam proses belajar mengajar juga dapat dilakukan melalui penggunaan bahasa yang tepat. Pengajaran dilakukan dengan bahasa yang dikenal sebagai tindak tutur kelas.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis fungsi dari tindak tutur ilokusi representatif dan ekspresif, dan untuk menemukan fungsi yang paling dominan pada setiap tindak tutur representatif dan ekspresif yang ditemukan pada ujaran guru oleh guru bahasa Inggris dalam menyampaikan materi. Subyek penelitian ini adalah ujaran guru bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Kota Mungkid, fokus pada ujaran yang dihasilkan oleh guru. Guru tersebut bernama Siti Hudatul M. S.Pd. Penulis mengambil data selama dua pertemuan, setiap pertemuan berlangsung selama 90 menit. Dalam mengadakan penelitian ini penulis merekam ujaran guru saat proses belajar mengajar. Penulis menulis data dan menganalisisnya untuk menemukan tindak tutur ilokusi representatif dan ekspresif menggunakan klasifikasi Searle tentang tindak tutur ilokusi (1985).
Frekuensi setiap fungsi dari tindak tutur ilokusi representatif adalah membenarkan 8.15%, menyetujui 7.41%, tidak setuju 1.48%, menyampaikan informasi 47.41%, menjelaskan 33.33%, dan beropini 2.22%. Frekuensi setiap fungsi dari tindak tutur ekspresif adalah meminta maaf 5.26%, salam 15.79%, perpisahan 10.53%, memberi pujian 31.58%, menyatakan kejutan 15.79%, and candaan 21.05%. Fungsi yang paling dominan pada tindak tutur ilokusi representatif adalah menyampaikan informasi, dan fungsi yang paling dominan pada tindak tutur ilokusi ekspresif adalah memuji. Menurut analisis data, penulis menyimpulkan bahwa ada 6 fungsi tindak tutur ilokusi representatif dan 6 fungsi tindak tutur ekspresif pada ujaran guru bahasa Inggris kelas sebelas. Ini berarti bahwa ujaran guru memiliki bermacam fungsi pada tindak tutur ilokusi terhadap siswa. Kata Kunci: Tindak tutur ilokusi representatif dan ekspresif, ujaran guru bahasa Inggris, Pragmatik
242-UN57.4.1.1-2016 | INGGRIS AMA A 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain