Text
USING THE DIALOGUE JOURNAL TO IMPROVE THE WRITING SKILL OF THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMP MUHAMMADIYAH 2 KEDU IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Menulis adalah salah satu keterampilan penting dalam bahasa Inggris yang sulit untuk dikuasai karena membutuhkan banyak kompetensi termasuk penguasaan konten, organisasi, kosakata, tata bahasa dan mekanik. Selain itu, para siswa harus menguasai semua jenis teks, termasuk teks recount. Faktanya adalah bahwa siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Kedu mendapatkan kesulitan dalam menulis. Rata-rata skor siswa adalah 55, kurang dari nilai standar 70. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan keaktifan belajar mengajar menulis teks recount menggunakan Teknik Dialogue Journal dan kedua untuk mengetahui seberapa tinggi peningkatan keterampilan menulis recount teks siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Kedu. Penelitian ini dapat diklasifikasikan ke dalam penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah 32 siswa VIII SMP Muhammadiyah 2 Kedu pada tahun ajaran 2015/2016, terdiri dari 15 perempuan dan 17 laki-laki. Penelitian ini dibagi menjadi tiga tahap, yaitu awal siklus, siklus I dan siklus II. Para siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Kedu membuat perbaikan dalam skor mereka sebanyak 14,19% setelah mereka diajarkan teks recount dengan menggunakan Teknik Dialogue Journal. Dalam awal siklus, skor rata-rata siswa adalah 60.37 atau kategori cukup. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa adalah 66,63 atau kategori cukup. Pada siklus II, rata-rata skor akhir siswa mencapai 74,56 atau kategori baik. Ada juga perubahan keaktifan siswa menjadi baik setelah mengikuti pembelajaran menulis teks recount dengan menggunakan Teknik Dialogue Journal. Pada siklus I, siswa belum siap untuk bergabung dengan proses belajar mengajar dengan menggunakan Teknik Dialogue Journal. Pada siklus II, siswa aktif mengikuti kegiatan belajar dan tertarik dalam kelas menulis. Berdasarkan data, penulis menyimpulkan bahwa pengajaran menulis teks recount dengan menggunakan Teknik Dialogue Journal sangat bermanfaat bagi
siswa. Teknik Dialogue Journal adalah salah satu dari banyak teknik yang dapat diterapkan dalam pengajaran menulis, terutama dalam menulis teks recount. Jadi guru dapat menerapkan Teknik Dialogue Journal untuk mengajar siswa terutama
menulis teks recount. Kata kunci: kemampuan menulis, teknik Dialogue Journal.
244-UN57.4.1-2016 | INGGRIS PRA U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain