Text
USING BACK TO BACK TECHNIQUE TO I,PROVE THE DESCRIBTIVE TEXT SPEAKING SKILL OF THE EIGHTH GRADERS OF SMP MUHAMMADIYAH BANDONGAN IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Berbicara adalah salah satu dari empat keterampilan bahasa yang harus dipelajari oleh siswa dalam belajar bahasa Inggris. Namun, keterampilan berbicara siswa SMP Muhammadiyah Bandongan tidak memuaskan. Skor rata-rata keterampilan berbicara pada semester ganjil adalah 75. Namun, beberapa siswa mendapatkan nilai di bawah 70. Kondisi ini disebabkan oleh faktor internal yaitu siswa pasif dan faktor eksternal yaitu guru kelas Bahasa Inggris masih menggunakan buku teks dalam kelas berbicara sehingga siswa merasa bosan. Ada dua tujuan utama dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah Back to Back Technique dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran berbicara teks deskriptif dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan Back to Back Technique di kelas VIII SMP Muhammadiyah Bandongan pada tahun ajaran 2015/2016. Subyek penelitian ini adalah 36 siswa kelas VIII D di SMP Muhammadiyah Bandongan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik non-tes dan tes dalam pengumpulan data. Setelah mengumpulkan data, penulis menganalisis seluruh hasil baik non-test dan test, kemudian dibandingkan masing masing data. Penulis menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Para siswa VIII D SMP Muhammadiyah Bandongan membuat peningkatan dalam keaktifan mereka dalam kelas berbicara setelah mereka diajarkan menggunakan Back to Back Technique. Ada juga perbaikan skor setelah guru menggunakan Back to Back Technique di kelas berbicara. Berdasarkan hasil di atas, penulis menyimpulkan bahwa menggunakan Back to Back Technique sebagai teknik pengajaran mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar berbicara teks deskriptif. Oleh karena itu, dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam pembelajaran berbicara teks deskriptif, keterampilan berbicara siswa juga meningkatkan. Kata Kunci: Berbicara, Back to Back Technique
245-UN57.4.1-2016 | INGGRIS HER U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain