Text
USING WEBS CHART TECHNIQUE TO IMPROVE THE DESCRIPTIVE TEXT WRITING SKILL OF THE TENTN GRADERS OF SMA MUHAMMADIYAH 1 MAGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2016/2017
ABSTRAK:
Menulis adalah salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang mempengaruhi penggunaan bahasa itu sendiri. Keterampilan menulis menjadi sebuah cara untuk berkomunikasi dengan orang lain. Keterampilan berbahasa ini seharusnya
dikembangkan dengan baik oleh siswa dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam berkomunikasi. Namun, itu belum dikuasai oleh siswa kelas sepuluh SMA Muhammadiyah 1 Magelang. Mereka menemukan berbagai kesulitan dalam mengembangkan keterampilan menulis. Itu dapat dibuktikan dari nilai rata-rata keterampilan menulis hanya 60 dimana lebih rendah dari standard pencapaian yaitu 75. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan hal ini. Penulis melaksanakan suatu penelitian untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan teknik Webs Chart. Ada dua tujuan dalam penelitian ini. Pertama adalah untuk mengetahui apakah penggunaan teknik Webs chart dapat meningkatkan motivasi belajar menulis teks deskriptif. Kedua adalah unutk mengetahui apakah penggunaan teknik Webs Chart dapat meningkatkan keteramplan menulis siswa kelas sepuluh SMA Muhammadiyah 1 Magelang pada tahun ajaran 2016/2017. Penelitian tindakan kelas ini terbagi menjadi beberapa siklus, yaitu Prc-Cycle, Cycle I, dan Cycle II. Untuk mengumpulakan data, penulis menggunakan teknik non-test (observasi, questionnaires, dan dokumentasi) dan teknik tes. Data dianalisis menggunakan Fowler’s Formula dan descriptive analysis. Penulis memilih siswa kelas sepuluh SMA Muhammadiyah khususnya kelas X-1 sebagai subjek penelitian. Berdasarkan hasil observasi dan questionnaire penulis, tampak bahwa sebagian besar siswa memiliki peningkatan dalam motivasi belajar. Pada Pre-Cycle hasilnya adalah 60.00, pada Cycle I hasilnya adalah 70.74. Sedangkan pada Cycle II hasilnya adalah 77.78. Pada tes Pre-Cycle, nilai rata-ratanya adalah 60.85, pada tes Cycle I nilai rataratanya adalah 74.19. Dan pada tes Cycle II nilai rata-ratanya adalah 82.85. Peningkatan dari Pre-Cycle ke Cycle I adalah 13.34 poin. Sedangkan dari Cycle I ke Cycle II adalah 8.66 poin. Dan peningkatan dari Pre-Cycle ke Cycle II adalah 22 poin. Berdasarkan penjelasan tersebut, penulis menyimpulkan bahwa teknik Webs Chart dapat meningkatkan motivasi belajar keterampilan menulis teks deskriptif. Ada pula sebuah peningkatan yang baik pada keterampilan menulis teks deskriptif siswa kelas sepuluh SMA Muhammadiyah 1 Magelang pada tahun ajaran 2016/2017. Penulis menyarankan kepada guru bahasa Inggris untuk menggunakan teknik Webs Chart sebagai sebuah alternatif dalam mengajar keterampilan menulis.
Kata Kunci: Teknik Webs Chart, Keterampilan Menulis, Teks Deskriptif
250-UN57.4.1.1-2016 | INGGRIS ZAQ U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain