Text
SKRIPSI USING SUBTEXT STRATEGY TO IMPROVE THE NARRATIVE TEXT READING SKILL OF THE ELEVENTH GRADERS OF SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN IN THE SCHOOL YEAR 2016/2017
ABSTRAK:
Membaca adalah salah satu dari empat keterampilan berbahasa dasar yang harus diajarkan secara efektif kepada siswa menengah atas. Siswa kelas sebelas SMA Muhammadiyah 1 Muntilan masih mengalami kesuliatan dalam mengembangkan keterampilan membaca. Nilai rata-rata siswa dalam membaca yaitu 65. Nilai keterampilan membaca siswa masih kurang dari standar minimum 75. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah strategi mengajar yang kurang tepat selama proses belajar mengajar. Tujuan utama penelitian ini, Yaitu untuk mengetahui apakah Strategi Subteks dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa dalam keterampilan membaca teks narrative. Dan untuk mengetahui berapa besar pengaruh keterampilan membaca teks narrative sesudah diajarkan dengan menggunakan Strategi Subteks pada kelas sebelas SMA Muhammadiyah 1 Muntilan pada tahun ajaran 2016/2017. Penulis melakukan sebuah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dibagi dalam siklus awal, siklus I dan siklus II. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan non-tes (observasi, angket, dokumentasi) dan tes. Data dianalisi menggunakan Fowler’s Formula dan analisis deskriptif. Siswa kelas sebelas SMA Muhammadiyah I Muntilan, sebanyak 32 siwa sebagai subjek dalam penelitian. Berdasarkan observasi dan angket, sebagian besar siswa mempunyai perubahan motivasi, motivasi belajar mereka meningkat. Hasil Siklus awal menunjukkan nilai rata-rata 62,75. Hasil Siklus I menunjukkan nilai rata-rata 71,72. Pengaruh dari siklus awal ke siklus I adalah 8,97. Hasil siklus II menunjukan nilai raa-rata 84,85. Pengaruh dari siklus I ke siklus II adalah 13,13. Jumlah pengaruh dari siklus awal ke siklus II yaitu 22,10. Penulis menyimpulkan bahwa Strategi Subteks dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mengembangkan keterampilan membaca teks narrative pada kelas sebelas SMA Muhammadiyah 1 Muntilan. Strategi tersebut juga dapat meningkatkan keterampilan membaca teks narrative siswa kelas sebelas SMA Muhammadiyah 1 Muntilan pada tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Subtext Strategi, Membaca, Teks Naratif, Motivasi, Penelitian Tindakan Kelas.
257-UN57.4.1-S.ING-III-2017 | INGGRIS LES U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain