Text
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK DENGAN MEDIA KATALOG MODEL PAKAIAN DAN TAS PADA SISWA KELAS X SMK CITRA MEDIKA MAGELANG
ABSTRAK:
Isnawati .1240301001, skripsi 2015. Peningkatan kemampuan menulis cerita pendek dengan media katalog model pakaian dan tas pada kelas X SMK Citra Medika Magelang Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek dengan media katalog model pakaian dan tas pada siswa kelas X SMK Citra Medika Magelang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Citra Medika Magelang. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan dan implementasi di lokasi penelitian terbagi dalam dua siklus siklus I dan siklus II. Penelitian ini diajukan pada permasalahan yang berkaitan dengan peningkatan keterampilan menulis cerita pendek menggunakan media katalog model pakaian dan tas. Data diperoleh dengan menggunakan pedoman pengamatan, angket, dan tes. Teknik analisis dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif dan analisis hasil tindakan yang berupa skor secara kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini dilihat dari adanya peningkatan keberhasilan proses dan produk. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis cerita pendek menggunakan media katalog model pakaian dan tas pada siswa kelas X SMK Citra Medika Magelang diawali dengan menentukan ide untuk menulis cerita pendek. Kolaborator memberikan teori cerita pendek dan menggunakan media katalog model pakaian dan tas selanjutnya siawa di minta untuk mengembangkan ide menjadi sebuah cerita pendek. Penerapan media katalog model pakaian dan tas dapat meningkatkan proses dan produk belajar siswa. Peningkatan semangat dan aktif dalam menulis cerita pendek. Tindakan pada siklus II siswa terlihat antusias dan bersemangat menulis cerita pendek. Peningkatan produk di tunjukan dengan semakin meningkatnya ketuntasan tes hasil belajar. Skor rata-rata yang di capai siswa sebelum proses tindakan adalah 53,81. Pada akhir tindakan siklus I skor rata-rata yang di peroleh sebesar 71,49 sehingga mengalami 17,68 poin. Pada akhir siklus II skor rata-rata yang di peroleh sebesar 75,32 sehingga mengalami peningkatan sebesar 3,83 poin dari siklus I. berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan media katalog model pakaian dan tas dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas X SMK Citra Medika Magelang. Kata kunci : peningkatan, menulis cerita pendek, media katalog model pakaian dan tas
27-UN57.4.1.1.1-2016 | INDONESIA ISN P 2015 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain