Text
USING FOLDABLE TECHNIQUE TO IMPROVE THE NARRATIVE TEXT READING SKILL OF THE TENTH GRADERS OF SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN IN THE SCHOOL YEAR 2014/2015
ABSTRAK:
Kemampuan membaca merupakan salah satu dari empat kemampuan dalam Bahasa Inggris yang seharusnya di kuasai oleh siswa. Dengan membaca, siswa dapat memperoleh informasi yang lebih dari berbagai sumber. Bagaimanapun, kemampuan membaca siswa di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan kurang memuaskan. Nila rata-rata dari tes kemampuan membaca kurang dari 62. Nilai tersebut tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 75. Terdapat beberapa masalah yang mempengaruhi kondisi tersebut. Salah satu masalah yang paling menonjol yaitu para siswa merasa kegiatan membaca itu membosankan dan mereka tidak mempunyai motivasi untuk melakukannya. Penulis melakukan sebuah penelitian untuk mengatasi masalah tersebut
dengan menerapkan teknik Foldable. Terdapat dua tujuan utama dalam penelitian ini: untuk mengetahui apakah penggunaan teknik Foldable mampu meningkatkan motivasi belajar teks naratif dalam kemampuan membaca kelas sepuluh SMA Muhammadiyah 1 Muntilan tahun ajaran 2014/2015 dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan membaca teks naratif kelas sepuluh SMA Muhammadiyah 1 Muntilan tahun ajaran 2014/2015 yang diajarkan menggunakan teknik Foldable. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dari penelitian ini kelas X-3 SMA Muhammadiyah 1 Muntilan tahun ajaran 2014/2015. Terdapat 34 siswa, yang terdiri 12 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Di setiap cycle penelitian ini, penulis menggunakan observasi, kuesioner, dokumentasi dan tes untuk mengumpulkan data. Selain itu, untuk menganalis data, penulis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Motivasi siswa dalam proses pembelajaran meningkat. Presentase rata-rata lembar observasi dari Pre-Cycle sampai Cycle II adalah 43,81%, 69,11% dan 86,17% sementara peningkatan juga terjadi di tes kemampuan membaca. Nila rata-rata siswa meningkat. Di Pre-Cycle, nilai rata-ratanya 59,41, di Cycle I 67,50, sementara di Cycle II 77,20. Peningkatan dari Pre-Cycle ke Cycle II adalah 17,79. Berdasarkan data analisis, penulis menyimpulkan bahwa menggunakan teknik Foldable dapat meningkatkan motivasi belajar teks naratif kelas sepuluh SMA Muhammadiyah 1 Muntilan dan hasil kemampuan membaca teks naratif siswa sangat meningkat. Penulis menyarankan kepada guru untuk menerapkan teknik technique untuk mengajar siswanya, khususnya pada kemampuan membaca teks naratif.
28 -UN57-4.1-2016 | INGGRIS ANJ U 2015 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain