Text
USING PICTIONARY GAME TO IMPROVE THE DESCRIBTIVE TEXT SPEAKING SKILL OF THE TENT GRADERS OF SMA EL SHADAI MAGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2016/2017
ABSTRAK:
Berbicara adalah salah satu keterampilan berbahasa yang harus dicapai oleh siswa SMA. Hasil tes keterampilan berbicara teks deskriptif siswa kelas X SMA El Shadai Magelang tidak memuaskan. Rata-rata hanya 60, kurang dari nilai standar yaitu 75. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penulis melakukan penelitian untuk memecahkan masalah dengan menerapkan permainan Pictionary sebagai teknik dalam mengajar berbicara teks deskriptif dalam pembelajaran. Ada dua tujuan penting dalam penelitian ini: pertama, untuk mengetahui apakah penggunaan permainan Pictionary dapat meningkatkan motivasi belajar dalam teks deskriptif keterampilan berbicara dari kelas X SMA El Shadai Magelang pada tahun ajaran 2016/2017. Kedua, untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan berbicara teks deskriptif siswa kelas X SMA El Shadai Magelang pada tahun ajaran 2016/2017 yang diajar menggunakan permainan Pictionary. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA El Shadai Magelang, terdiri dari 28 siswa. Ada tiga siklus pada penelitian ini, siklus awal, siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, aksi, observasi dan refleksi. Penulis menggunakan instrument tes dan non-tes untuk mengumpulkan data. Pada Analisis data, penulis menggunakan data analisis qualitative dan kuantitatif. Hasil Analisis data menunjukkan bahwa permainan ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Pada siklus awal, skor rata-rata motivasi adalah 26,10%, sedangkan pada siklus I, mencapai menjadi 65,69% dan pada siklus II secara signifikan meningkat menjadi 90,00%. Para siswa termotivasi dan tertarik untuk berbicara menggunakan permainan Pictionary. Sementara, dalam tes praktek berbicara, Pada siklus awal, siswa dapat mencapai 61,07 dan membaik pada siklus I setelah penulis menggunakan permainan Pictionary dalam proses belajar mengajar. Perubahan rata-rata skor para siswa menjadi 71,78 dan masuk kategori baik, tetapi belum mencapai skor standar minimum yaitu 75. Pada Siklus II rata rata skor siswa adalah 80,35, dianggap lulus standar minimum yaitu 75 . Total perbaikan dari Siklus awal ke Siklus II adalah 19,28. Kesimpulannya adalah permainan Pictionary dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan keterampilan berbicara teks deskriptif. Kata Kunci : permainan Pictionary, Berbicara
289-UN57.4.1.1-2016 | INGGRIS SAN U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain