Text
MANAJEMEN MENINGKATKAN PELAYANAN PENDIDIKAN DI SMK NEGERI PRINGSURAT KABUPATEN TEMANGGYNG
ABSTRAK:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan SMK Negeri Pringsurat Kabupaten Temanggung dalam rangka meningkatkan manajemen pelayanan pendidikan kepada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yakni kepala sekolah, petugas tata usaha dan petugas perpustakaan serta sumber data sekunder yang diperoleh dari hasil observasi yang dilakukan oleh penulis serta dari studi pustaka melalui peraturan-peraturan, laporan-laporan, Surat Keputusan (SK), literatur-literatur dan internet. Sesuai dengan sumber data seperti yang dijelaskan diatas, maka dalam penelitian ini pengumpulan data melalui teknik observasi yaitu metode mengumpulkan data dengan mengamati langsung di lapangan serta dikombinasikan dengan wawancara dan daftar pertanyaan yang tersistematis yakni angket yang disusun dan digunakan sebagai alat pengumpulan data, fakta dan informasi. Analisis data pada penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data dan display data. Hasil penelitian dapat disimpulkan, dalam upaya meningkatkan pelayanan pembelajaran, peranan manajemen dalam penentuan agenda perubahan dan pengembangan organisasi amat penting, input dari sistem pelayanan administratif yang dijalankan secara baik akan menghasilkan siswa yang berkualitas baik pada kegiatan kurikuler maupun ekstra kurikuler, mekanisme pelayanannya berpusat pada kepala sekolah sebagai otoritas tertinggi di sekolah, selanjutnya dapat didelegasikan kepada guru-guru dan staf sekolah lainnya serta program peningkatan pelayanan dengan upaya meningkatkan kemampuan guru yang didasarkan oleh visi yang jelas dan perencanaan yang matang akan berdampak pada pelaksanaan program layanan secara efektif dan efisien dan menghasilkan tenaga guru yang professional. Berdasarkan penelitian, maka dapat disimpulkan, dalam implementasi manajemen mutu yang berorientasi pada peningkatan kualitas pelayanan sehingga diharapkan dapat memuaskan pelanggan pendidikan yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan mutu sekolah. Untuk menunjang ketercapaian manajemen mutu pendidikan harus didukung oleh kesadaran dari semua pihak yang terlibat mengenai mutu dalam proses penyelanggaraan pendidikan di sekolah. Kata Kunci : Manajemen, Pengingkatan Pelayanan Pendidikan, SMK Negeri Pringsurat
3 -UN57.4.1.1- 2016 | FISIPOL WAS M 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain