Text
INCREASING THE DESCRIPTIVE TEXT SPEAKING SKILL OF THE EIGHT GRADERS OF MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI BOROBUDUR BY USING VOCABULARY NETWORK TECHNIQUE
ABSTRAK:
Berbicara adalah salah satu dari ketrampilan berbahasa yang harus diajarkan di sekolah menengah pertama. Salah satu dari tujuan pembelajaran berbicara berdasarkan Kurikulum tahun 2006 adalah membuat para siswa mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris secara lisan. Meskipun begitu, para siswa MTs Negeri Borobudur kesulitan dalam berbicara dengan Bahasa Inggris. Hal tersebut disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah siswa merasa kesulitan untuk mengekspresikan ide mereka dalam Bahasa Inggris. Untuk memecahkan masalah tersebut, penulis mencoba menggunakan teknik Vocabulary Network dalam mengajar speaking. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan teknik mampu meningkatkan kemampuan berbicara deskriptif dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan berbicara deskriptif para siswa yang diajar menggunakan teknik Vocabuary Network. Subjek penelitian ini adalah para siswa kelas delapan MTs Negeri Borobudur yang tediri dari 36 siswa. Penulis menggunakan dua siklus pada penelitian tindakan kelas ini. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sebelum penulis memulai siklus pertama para siswa diberi Pre-test untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa. Pada siklus I, penulis memberikan tes berbicara kepada siswa setelah menggunakan teknik vocabulary network. Pada siklus II subjek mencapai tujuan untuk memperbaiki hasil tes berbicara setelah penulis membuat refleksi siklus I. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Penulis merasa bahwa menggunakan teknik vocabulary network dalam mengajar speaking pada siswa kelas delapan MTs Negeri Borobudur membuat peningkatan 4,3. Pada Pre-Siklus, nilai rata-rata siswa adalah 58,47 atau termasuk kategori rendah. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat 1,25 dan nilai ratarata kelas 59,72 atau termasuk kategori rendah. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa meningkat 3,05 dan nilai rata-rata siswa 62.77 atau termasuk kategori cukup. Berdasarkan hasil di atas, penulis menyimpulkan bahwa menggunakan teknik vocabulary network efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara deskriptif dan penulis mempunyai beberapa saran. Untuk para siswa, sebaiknya mereka meningkatkan kemampuan berbicara agar lebih lancar dengan menggunakan teknik vocabulary network dalam latihan speaking dan mencoba untuk aktif dalam proses beajar dan untuk guru bahasa Inggris agar menggunakan teknik vocabulary network dalam mengajar speaking.
32 -UN57 - 4.1-2016 | INGGRIS MUS I 2014 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain