Text
USING WORDLESS PICTURE BOOKS MEDIA TO IMPROVE THE NARATIVE TEXT WRITING SKILL OF THE TENTH GRADERS OF SMA MUHAMMADIYAH 1 MAGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2014/2015
ABSTRAK:
Ada empat keterampilan berbahasa yang harus dikembangkan oleh siswa Sekolah Menengah Atas, yaitu keterampilan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Keterampilan menulis adalah merupakan salah satu keterampilan yang penting bagi siswa dalam pengajaran bahasa inggris yang membutuhkan kecakapan dalam pengaturan, penulisan isi yang terkandung, penerapan kosakata, tatabahasa, dan hal mekanis. Di samping itu, siswa harus menguasai semua jenis teks, meliputi teks narrative. Masalah yang dihadapi oleh siswa kelas sepuluh SMA Muhammadiyah 1 Magelang adalah mereka tidak dapat menyusun dan mengekpresikan ide mereka ke dalam bentuk paragraph yang baik dan mereka tidak mempunyai motivasi yang tinggi dalam mengembangkan keterampilan menulis. Hasil dari nilai rata-rata tes bahasa Inggris juga hanya 59. Ini belum mencapai nilai 75 sebagai nilai KKM. Ada dua tujuan utama dalam penelitian ini; pertama untuk mengetahui apakah Wordless Picture Books Media dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mengembangkan keterampilan menulis teks narrative dan kedua untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan menulis teks narrative siswa kelas sepuluh SMA Muhammadiyah 1 Magelang tahun pelajaran 2014/2015 yang diajar dengan menggunakan Wordless Picture Books Media. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui tahapan Pre-Cycle, Cycle I, dan Cycle II. Untuk memperoleh data, penulis menggunakan tes dan non tes (observasi, kuesioner, dan dokumentasi). Data dianalisis menggunakan Quantitative Datadan Qualitative Data. Penulis memilih siswa kelas sepuluh SMA Muhammadiyah 1 Magelang sebagai subyek penelitian. Ada 26 siswa, terdiri dari 11 perempuan dan 15 laki-laki. Berdasarkan pengamatan penulis dapat diketahui bahwa sebagian besar siswa mengalami perubahan sikap dan motivasi. Pada Pre-Cycle siswa memiliki motivasi yang rendah dalam menulis. Sedangkan pada Cycle-I, siswa memiliki motivasi dengan kategori cukup dalam proses pembelajaran. Sementara di Cycle-II, mereka termotivasi dan tertarik dengan Wordless Picture Books Media yang memudahkan mereka dalam membuat teks narrative. Nilai rata-rata menulis siswa pada Pre-Cycle adalah 59.80 (kategori rendah). Pada Cycle-I tes rata-rata menulis kelas adalah 66.92 (kategori sedang). Sedangkan di Cycle-I Ites rata-rata menulis siswa adalah 78.46 (kategori baik). Berdasarkan analisis di atas penulis menyimpulkan bahwa Wordless Picture Books Media dapat meningkatkan motivasi keterampilan menulis teks narrative dan terdapat peningkatan dalam keterampilan menulis teks narrative siswa kelas sepuluh SMA Muhammadiyah 1 Magelang tahun pelajaran 2014/2015. Penulis menyarankan kepada guru untuk menggunakan Wordless Picture Books Media sebagai jalan alternatif untuk mengajar menulis teks narrative dan untuk siswa seharusnya lebih aktif dan kreatif dalam mengembangkanketerampilan menulis mereka ketika guru menggunakan Wordless Picture Books Media untuk mengajar mereka. Kata kunci: Wordless Picture Books Media, Teks Narrative, dan KemampuanMenulis
36-UN57.4.1.1-2016 | INGGRIS NUG U 2015 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain