PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

USING WORDLESS PICTURE BOOKS MEDIA TO IMPROVE THE NARATIVE TEXT WRITING SKILL OF THE TENTH GRADERS OF SMA MUHAMMADIYAH 1 MAGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2014/2015

DIAN SETYO NUGROHO - Nama Orang;

ABSTRAK:
Ada empat keterampilan berbahasa yang harus dikembangkan oleh siswa Sekolah Menengah Atas, yaitu keterampilan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Keterampilan menulis adalah merupakan salah satu keterampilan yang penting bagi siswa dalam pengajaran bahasa inggris yang membutuhkan kecakapan dalam pengaturan, penulisan isi yang terkandung, penerapan kosakata, tatabahasa, dan hal mekanis. Di samping itu, siswa harus menguasai semua jenis teks, meliputi teks narrative. Masalah yang dihadapi oleh siswa kelas sepuluh SMA Muhammadiyah 1 Magelang adalah mereka tidak dapat menyusun dan mengekpresikan ide mereka ke dalam bentuk paragraph yang baik dan mereka tidak mempunyai motivasi yang tinggi dalam mengembangkan keterampilan menulis. Hasil dari nilai rata-rata tes bahasa Inggris juga hanya 59. Ini belum mencapai nilai 75 sebagai nilai KKM. Ada dua tujuan utama dalam penelitian ini; pertama untuk mengetahui apakah Wordless Picture Books Media dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mengembangkan keterampilan menulis teks narrative dan kedua untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan menulis teks narrative siswa kelas sepuluh SMA Muhammadiyah 1 Magelang tahun pelajaran 2014/2015 yang diajar dengan menggunakan Wordless Picture Books Media. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui tahapan Pre-Cycle, Cycle I, dan Cycle II. Untuk memperoleh data, penulis menggunakan tes dan non tes (observasi, kuesioner, dan dokumentasi). Data dianalisis menggunakan Quantitative Datadan Qualitative Data. Penulis memilih siswa kelas sepuluh SMA Muhammadiyah 1 Magelang sebagai subyek penelitian. Ada 26 siswa, terdiri dari 11 perempuan dan 15 laki-laki. Berdasarkan pengamatan penulis dapat diketahui bahwa sebagian besar siswa mengalami perubahan sikap dan motivasi. Pada Pre-Cycle siswa memiliki motivasi yang rendah dalam menulis. Sedangkan pada Cycle-I, siswa memiliki motivasi dengan kategori cukup dalam proses pembelajaran. Sementara di Cycle-II, mereka termotivasi dan tertarik dengan Wordless Picture Books Media yang memudahkan mereka dalam membuat teks narrative. Nilai rata-rata menulis siswa pada Pre-Cycle adalah 59.80 (kategori rendah). Pada Cycle-I tes rata-rata menulis kelas adalah 66.92 (kategori sedang). Sedangkan di Cycle-I Ites rata-rata menulis siswa adalah 78.46 (kategori baik). Berdasarkan analisis di atas penulis menyimpulkan bahwa Wordless Picture Books Media dapat meningkatkan motivasi keterampilan menulis teks narrative dan terdapat peningkatan dalam keterampilan menulis teks narrative siswa kelas sepuluh SMA Muhammadiyah 1 Magelang tahun pelajaran 2014/2015. Penulis menyarankan kepada guru untuk menggunakan Wordless Picture Books Media sebagai jalan alternatif untuk mengajar menulis teks narrative dan untuk siswa seharusnya lebih aktif dan kreatif dalam mengembangkanketerampilan menulis mereka ketika guru menggunakan Wordless Picture Books Media untuk mengajar mereka. Kata kunci: Wordless Picture Books Media, Teks Narrative, dan KemampuanMenulis


Ketersediaan
36-UN57.4.1.1-2016INGGRIS NUG U 2015Ruang SkripsiTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
INGGRIS NUG U 2015
Penerbit
MAGELANG : ., 2015
Deskripsi Fisik
xiv,172hal,29,5cm,ilus
Bahasa
English
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
420
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BAHASA_INGGRIS
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik