Text
USING THE SUMMARY-WRITING MICROTHEME TEHNIQUE TO IMPROVE THE NARRATIVE TEXT READING SKILL OF THE TENTH GRADERS OF MAN PARAKAN TEMANGGUNG IN THE SCHOOL YEAR 2014/2015
ABSTRAK
Membaca adalah salah satu dari empat keterampilan bahasa yang harus
dipelajari oleh siswa dalam belajar bahasa Inggris. Namun, kemampuan membaca
siswa MAN Parakan Temanggung belum memuaskan. Rata-rata keterampilan
membaca mayoritas siswa adalah 65, kurang dari standar nilai 70.
Ada dua tujuan utama dalam penelitian ini, yaitu untuk mengetahui apakah
penggunakan teknik Summary-Writing Microtheme dapat meningkatkan motivasi
siswa dalam membaca teks narrative dan untuk mengetahui seberapa besar
peningkatan kemampuan membaca teks narrative siswa kelas XI MAN Parakan
Temanggung pada tahun ajaran 2014/2015 dengan menggunakan Summary-
Writing Microtheme.
Subyek penelitian ini adalah kelas X- IPS1 di MAN Parakan Temanggung.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan non-test dan test pertanyaan sebagai
teknik pengumpulan data. Untuk evaluasi non-tes, penulis menggunakan lembar
observasi, kuesioner dan dokumentasi. Setelah mengumpulkan data, penulis
menganalisis hasil keseluruhan baik non-test dan test, kemudian dibandingkan
masing-masing data. Penulis menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan
kualitatif.
Penulis menemukan bahwa penggunaan Summary-Writing Microtheme
dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Observasi dan hasil daftar pertanyaan
menunjukkan siswa motivasi yang baik dalam belajar membaca teks narrative.
Persentase observasi pra-siklus adalah 47,57 kategori sangat rendah.sementara
siklus I adalah 60,00 categori cukup dan siklus II adalah 75,15 categori baik. Hasil
tes pra-siklus adalah 59,85 categori rendah, siklus I adalah 68,64 categori cukup
dan siklus II adalah 80,15 categori baik. Setelah siklus I, para siswa rata-rata skor
adalah 6,00 categori cukup. Di siklus II skor siswa meningkat 75,15 categori baik.
Berdasarkan hasil di atas, penulis menyimpulkan bahwa menggunakan
Teknik Summary-Writing Microtheme mampu meningkatkan proses belajar
mengajar di kelas membaca. Teknik ini sebagai salah satu jenis Teknik dalam
pengajaran membaca di sekolah menengah atas, sepesial narrative teks. Semakin
banyak guru dapat meningkatkan motivasi. Semakin banyak siswa akan
meningkatkan ketrampilan membaca mereka dan akhirnya skor mereka akan lebih
tinggi dan lebih memuaskan.Penulis menyarakan pada guru bahasa Inggris dan
siswa untuk dapat menggunakan teknik ini sebagai satu alternatif dalam proses
belajar mengajar dalam kelas membaca.
38 - UN57-4.1-2016 | INGGRIS EKA U 2015 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain