Text
PENGGUNAAN ALIH KODE PADA TEKNIK PENCERITA NOVEL 9 SUMMERS 10 AUTUMNS DARI KOTA APEL KE THE BIG APPLE KARYA IWAN SETYAWAN DAN PENGAJARANNYA DI SMA
ABSTRAK:
Ridwan Zainedy Taufik. 0910301049. Skripsi 2015. Penggunaan Alih Kode pada Teknik Penceritaan Novel 9 Summers 10 Autumns dari Kota Apel ke The Big Apple karya Iwan Setyawan dan Pengajarannya di SMA. Novel 9 Summers 10 Autumns karya Iwan Setyawan merupakan novel yang banyak diwarnai penggunaan unsur alih kode. Alih kode dalam sebuah novel berkaitan dengan teknik pencerita. Penggunaan alih kode dalam teknik pencerita novel digunakan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, pandangan dan motivasi tokoh secara jelas. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penggunaan alih kode pada teknik pencerita novel 9 Summers 10 autumns karya Iwan Setyawan? (2) Bagaimana implementasi pembelajaran alih kode pada teknik pencerita novel 9 Summers 10 Autumns karya Iwan Setyawan di SMA? Tujuan penelitian ini adalah (10 Mendiskripsikan penggunaan alih kode dalam teknik penceritaan novel 9 Summers 10 Autumns karya Iwan Setyawan. (2) Membuat rancang bangun pembelajaran alih kode dalam teknik penceritaan novel 9 Summers 10 Autumns karya Iwan Setyawan di SMA. Terori dalam penelitian ini mencakup (1) konteks, (2) biligualisme, (3) kode, (4) alih kode, mencakup (a) macam-macam alih kode, (b) faktor penyebab alih kode (c) fungsi alih kode (d) fungsi alih kode dalam karya sastra.(5) wujud alih kode, , (6) teknik pencerita, mencakup (a) teknik pencerita “diaan‟ mahatahu, (b) teknik pencerita “diaan” terbatas, (c) teknik pencerita “akuan” sertaan, (d) teknik pencerita “akuan” tak sertaan, (e) teknik pencerita “akuan” tokoh utama dan “aku” tokoh tambahan, (7) pengajaran alih kode. Sumber data penelitian ini adalah novel yang berjudul 9 Summers 10 Autumns karya Iwan Setyawan. Wujud data berupa teks kalimat sedangkan metode dan teknik penyediaan datanya adalah metode simak,teknik penyediaan data menggunakan teknik sadap dan teknik lanjutan teknik catat. Analisis penggunaan alih kode pada teknik pencerita novel 9 Summers 10 Autumns mencakup (1) teknik pencerita akuan sertaan, (2) teknik pencerita akuan tak sertaan, (3) teknik pencerita aku tokoh utama,(4) teknik pencerita aku tokoh tambahan, (5) teknik pencerita diaan mahatahu, dan (6) teknik pencerita diaan terbatas. Strategi pengajaran dalam penelitian ini menggunakan teori belajar Valette-Disick yang meliputi 4 tahapan , yaitu (1) tahapan penguasaan penguasaan keterampilan mekanis, (2) tahapan penguasaan pengetahuan, (3) tahapan penguasaan transfer, (4) tahapan penguasaan komunikasi, dan (5) tahapan penguasaan kritik. Berdasarkan hasil analisis data, penulis memperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut. Pertama, Alih kode yang digunakan pada novel 9 Summers 10 Autumnsi karya Iwan Setyawan adalah alih kode yang sifatnya sementara. Teknik pencerita yang digunakan pada novel 9 Summers 10 Autumns adalah (1) teknik pencerita akuan sertaan, (2) teknik pencerita akuan tak sertaan, (3) teknik pencerita aku tokoh utama, dan (4) teknik pencerita aku tokoh tambahan.Kedua, Pengajaran penggunaan alih kode pada teknik pencerita novel 9 Summers 10 Autumns karya Iwan Setyawan melalui beberapa tahapan. Tahapan tersebut adalah (1) memberikan kesempatan siswa untuk mengenali novel dengan membaca sinopsis yang telah disediakan guru, (2) memberi tugas siswa untuk membaca novel, (3) memberi tugas siswa secara berkelompok untuk menunjukkan cuplikan yang menunjukkan adanya alih kode , dan (4) siswa mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. Dengan adanya penelitian yang dilakukan penulis diharapkan ada tindak lanjut positif dari kalangan pembaca.
3-UN57.4.1.1.1-2016 | INDONESIA RID P 2015 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain