Text
USING ANOTATION STRATEGY TO IMPROVE THE NARRATIVE TEXT READING SKILL OF THE TENTH GRADERS OF SMA MHAMMADIYAH 1 KOTA MAGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2014/2015
ABSTRAK:
Membaca dianggap sebagai salah satu keterampilan bahasa Inggris yang harus dikembangkan oleh siswa-siswi Sekolah Menengah Atas. Akan tetapi, siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang masih menemukan kesulitan dalam memahami teks bahasa Inggris, khususnya teks naratif. Hal ini dapat dibuktikan melalui nilai hasil tes rata-rata terampil membaca dari 27 siswa, yang hanya mendapatkan 65. Nilai ini tidak mencapai kriteria pencapaian standar minimal paling rendah 75. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi tersebut. Penulis melakukan penelitian ini untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan strategi Annotation. Tujuan dari penelitian ini; yang pertama adalah untuk mengetahui apakah strategi Annotation dapat meningkatkan motivasi belajar keterampilan teks naratif siswa dan yang kedua untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan membaca teks naratif siswa kelas sepuluh SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang yang diajarkan dengan menggunakan strategi Annotation. Penulis melakukan sebuah penelitian tindakan kelas yang terbagi menjadi Pra-Siklus, Siklus I, dan Siklus II. Penulis mengambil kelas sepuluh SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang sebagai subjek penelitian ini. Semuanya ada 27 siswa. Penulis menggunakan bukan tes (lembar observasi, kuesioner, dan dokumentasi) dan tes untuk mengumpulkan data. Data dianalisis menggunakan rumus Fowler dan analisis deskripsi. Berdasarkan observasi penulis dan kuesioner, menunjukan jika sebagian besar siswa meningkatkan motivasi belajarnya. Di Pra-Siklus, siswa mempunyai motivasi rendah selama kelas membaca Bahasa Inggris. Di Siklus I, siswa mempunyai motivasi sedang selama proses pembelajaran. Sementara di Siklus II, mereka termotivasi dan antusias terhadap strategy Annotation yang membantu mereka untuk memahami isi teks lebih mudah. Di tes Pra-Siklus, rata-rata skornya adalah 65. Di tes Siklus I, rata-rata skornya adalah 71.85. peningkatan dari tes Pra-Siklus ke tes Siklus I adalah 6.85. Di tes Siklus II, rata-rata skornya adalah 79.87. peningkatan dari tes Siklus I ke tes Siklus II adalah 8.02. Jumlah peningkatan dari tes Pra-Siklus ke tes Siklus II adalah 14.87. Penulis menyimpulkan bahwa strategi Annotation dapat meningkatkan motivasi belajar keterampilan teks naratif siswa. Peningkatan keterampilan membaca teks naratif siswa kelas sepuluh SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang sangat bagus. Kata Kunci: Annotation Strategy, Keterampilan membaca, Pemahaman membaca.
4 -UN57-4.1-2016 | INGGRIS LAK U 2015 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain