Text
KRITIK SOSIAL DALAM NOVEL GELANDANGAN DI KAMPUNG SENDIRI KARYA EMHA AINUN NADJIB DAN PENGAJARANNYA DI SMA
ABSTRAK:
Hesthi Setyaningrum. 1110301040. (Skripsi 2015). Kritik Sosial dalam Novel Gelandangan di Kampung Sendiri karya Emha Ainun Nadjib dan Pembelajarannya di SMA. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Latar belakang dalam penelitian ini adalah karya sastra dapat dikaji melalui kritik sosial yang terdapat pada sebuah novel yang memuat tentang kehidupan sosial. Kritik sosial merupakan salah satu bentuk komunikasi dalam masyarakat yang bertujuan atau berfungsi sebagai kontrol terhadap jalannya suatu sistem sosial atau proses bermasyarakat. Selain itu, pandangan sosiologi sastra yang mempertimbangkan aspek-aspek kemasyarakatan cocok untuk menentukan topik yang dapat dikaji dari segi kritik sosial. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah (1) kritik sosial apa saja pada novel Gelandangan di Kampung Sendiri karya Emha Ainun Nadjib, (2) bagaimana implementasi pembelajaran kritik sosial pada novel Gelandangan di Kampung Sendiri karya Emha Ainun Nadjib di SMA. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kritik sosial pada novel Gelandangan di Kampung Sendiri karya Emha Ainun Nadjib, (2) mengimplementasikan pembelajaran mengenai kritik sosial pada novel Gelandangan di Kampung Sendiri karya Emha inun
Nadjib. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan sumber data novel Gelandangan di Kampung Sendiri karya Emha Ainun Nadjib. Data penelitian ini adalah betupa kutipan teks yang mengandung kalimat kritik. Pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat. Analisis data menggunakan metode deskriptif analitik. Analisis dan pembahasan kritik sosial dapat dikaji dalam tiga hal, (1) ketidakadilan dalam masyarakat, (2) hal-hal yang dianggap menyalahi aturan
pemerintah, (3) penindasan kaum miskin. Rancang bangun pembelajaran yang digunakan ialah kurikulum KTSP sebagai landasan yang mengkhaskan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Standar Kompetensi (SK) yang digunakan terdapat pada silabus kelas XI semester ganjil mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu 2. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan, dan Kompetensi Dasar (KD) 7.2 Menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan. Hasil penelitian dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembelajaran di SMA kelas XI semester ganjil. Kata kunci: Kritik sosial, pengajaran di SMA, novel.
41-UN57.4.1.2.2.2-20 | INDONESIA SET K 2015 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain