Text
USING CONTEXTUAL GUESSING SPEED TEHNIQUE TO IMPROVE THE DESCRIPTIVE TEXT READING SKILL OF THE EIGHTH GRADERS OF SMP MUHAMMADIYAH 2 SAWANGAN IN THE SCHOOL YEAR 2014/2015
ABSTRAK:
Keterampilan membaca pada siswa kelas delapan SMP Muhammadiyah 2 Sawangan masih rendah. Nilai rata-rata dari ulangan tes semester hanya 64,65, sementara kriteria ketuntasan minimalnya adalah 70. Kondisi ini disebabkkan baik dari faktor-faktor internal dan faktor-faktor eksternal. Faktor-faktor internalnya yaitu mereka merasa kesulitan untuk mengerjakan tugas membaca, merasa bosan dalam proses pembelajaran, kurangnya kosakata, keterbatasan waktu untuk belajar bahasa inggris di sekolah, dan sulit menemukan untuk mendapatkan informasi dari teks. Faktor-faktor eksternal berasal dari orang tua dan guru. Dukungan orang tua masih rendahuntuk anak-anaknya untuk mengembangkan pengetahuan bahasa inggris mereka secara optimal. Disekolah, guru menggunakan teknik yang membosankan dan tidak menggunakan media yang sesuai dalang mengajar reading. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Contextual Guessing Speed Technique dapat meningkatkan motivasi siswa kelas delapan SMP Muhammadiyah 2 Sawangan dalam belajar membaca deskriptif teks, dan kedua , untuk mengetahui apakah penggunaan Contextual Guessing Speed Technique dapat sangat meningkatkan keterampilan membaca deskriptif teks pada siswa kelas delapan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Lokasi penelitian adalah kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 2 Sawangan pada tahun ajaran 2014/2015. Terdapat 28 siswa dikelas tersebut. Terdiri dari 9 siswa lakilaki dan 19 siswa perempuan. Penulis menerapkan 3 tahapan dalam penelitian ini, yaitu Pre-Cycle, Cycle I dan Cycle II. Dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan pencerminan. Penulis menggunakan observasi, kuesioner , dokumentasi untuk mengumpulkan data. Untuk
menganalisa data, penulis menggunakan data perhitungan kualitatif dan kuantitatif untuk menemukan hasilnya. Siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 2 Sawangan pada tahun ajaran 214/2015 memiliki motivasi yang tinggi setelah diajar Contextual Guessing Speed. Persentase rata-rata dari Pre-Cycle sampai Cycle II adalah 47,14 %, 66,79% dan 80,77 % . Mereka mengalami peningkatan setelah diajari Contextual Guessing Speed. Skor rata-rata tes Pre-Cycle adalah 59,46 , Cycle I adalah 69,64, dan Cycle II adalah 81.25. Skor para siswa telah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan hasil diatas, penulis menyimpulkan bahwa penggunaan Contextual Guessing Speed teknik mampu meningkatkan motivasi siswa kelas delapan dalam belajar membaca teks deskriptif teks dan keterampilan membaca teks deskriptif. Penulis menyarankan kepada guru bahasa inggris agar menguasai dan menggunakan Contextual Guessing Speed. Penulis juga memberi saran kepad
apara siswa agar lebih aktif dan menguasai Contextual Guessing Speed dalam belajar membaca. Kata kunci : Reading, Contextual Guessing Speed Technique, Reading Skill- Descriptive Text.
50 -UN57-4.1-2016 | INGGRIS SUR U 2015 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain