Text
SKRIPSI AN ANALYSIS OF PRESUPPOSITION ON THE DIALOGUESMIN THE ENGLISH TEXTBOOK FOR THE TENTH GRADERS OF SENIOR HIGH SCHOOL
ABSTRAK:
Di Indonesia, pengajaran bahasa Inggris difokuskan pada pengembangan kemampuan komunikasi siswa. Hal ini dapat dalam bentuk lisan ataupun tertulis. Para siswa harus memiliki empat kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dengan orang
lain. Ketrampilan tersebut mencakup ketrampilan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Bahasa Inggris menjadi penting karena banyak cabang ilmu pengetahuan yang ditulis dalam bahasa Inggris dan siswa harus mempelajarinya untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Ada 2 tujuan utama dalam penelitian ini, yaitu untuk mengetahui jenis presupposisi serta untuk mengetahui jenis presupposisi yang dominan digunakan dalam dialog di dalam buku teks bahasa Inggris untuk siswa kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian tersebut diklasifikasikan
sebagai penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah buku teks bahasa Inggris untuk siswa kelas X SMA. Buku teks tersebut ditulis oleh Utami Widyati, Zuliatirohmah, dan Furaidah, yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum Dan Perbukuan, Balitbang Kemendikbud, 2014. Penulis hanya mengambil data berupa dialog- dialog dari buku teks tersebut. Langkah- langkah untuk menganalisis data dengan mengidentifikasi klausa dan mengklasifikasikan jenis presupposisi menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data, penulis menemukan 5 jenis presupposisi dalam dialog adalah sebagai berikut: presupposisi Exsistential 35%, presupposisi Factive 22.5%, presupposisi lexical 6.25%, presupposisi Structural 33.75.% dan presupposisi Non-factive 2.5%. Sehingga, penulis menyimpulkan bahwa presupposisi yang paling dominan digunakan dalam dialog di buku teks bahasa Inggris adalah presuposisi existential. Dari hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan guru untuk memperkaya berbagai dialog agar dapat memberikan model lain bagi siswa. Jadi, para siswa dapat meningkatkan keterampilan mereka dengan berlatih bahasa Inggris dalam komunikasi. Selain Para siswa harus terbiasa dengan penggunaan presupposisi sehingga mereka akan dapat memahami makna ucapan pada dialog dalam buku teks bahasa Inggris secara tepat. Dengan memahami hal tersebut, Para penulis buku perlu membuat dialog dengan menggunakan berbagai presuppositions.Besides, penulis buku harus lebih kreatif saat membuat dialog untuk dapat memotivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris. Keywords : Analisis Presupposition, dialogues
56-UN57 -4.1=2-16 | INGGRIS ROF A 2015 | Ruang Skripsi (BAHASA INGGRIS) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain