Text
USING MIX FREEZE GROUP TECHNIQUE TO IMPROVE THE DESCRIPTIVE TEXT READING SKILL OF THE TENTH GRADERS OF SMA NEGERI 1 PRINGSURAT IN THE SCHOOL YEAR 2014/2015
ABSTRAK:
Ketrampilan membaca bahasa Inggris merupakan kompetensi penting bagi siswa di sekolah menengah atas. Ketika mereka menguasainya, meraka akan mampu mengidentifikasi dan memahami teks bahasa Inggris dengan baik. Berdasarkan pengamatan penulis terhadap siswa kelas X SMA Negeri 1 Pringsurat di tahun ajaran 2014/2015, nilai rata-rata dari kelas X-1 adalah 68 pada tes membaca diskriptif teks. Minimal, nilai yang harus dicapai adalah 75. Masalah utamanya adalah bahwa teknik mengajar terbatas dan siswa memiliki motivasi yang rendah dalam belajar teks diskriptif. Ada dua tujuan penelitian ini. Pertama, untuk mengetahui apakah teknik Mix Freeze Group dapat meningkatkan motivasi belajar dalam membaca teks diskriptif siswa kelas X SMA Negeri 1 Pringsurat di tahun ajaran 2014/2015. Kedua, untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan membaca teks diskriptif siswa kelas X SMA Negeri 1 Pringsurat di tahun ajaran 2014/2015. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjeknya adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Pringsurat di tahun ajaran 2014/2015. Penulis melakukan penelitian dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari empat langkah: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa, penulis menggunakan teknik non-tes: observasi, angket, dan dokumentasi. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca siswa, penulis menggunakan teknik tes. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan data kwantitatif dan kwalitatif. Data kwalitatif disajikan dalam bentuk data reduksi, data display, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Siswa kelas X SMA Negeri 1 Pringsurat di tahun ajaran 2014/2015 meningkat 25,52 poin dalam motivasi belajar mereka setelah diajar menggunakan teknik Mix Freeze Group. Mereka mendapatkan 54,82 di Pra-siklus, 75,17 di Siklus II, dan meraih 80,34 di Siklus II. Sementara itu, peningkatan ketrampilan membaca teks diskriptif siswa kelas X SMA Negeri 1 Pringsurat mencapai 8.79 poin. Mereka mendapat 68,27 di Pra-siklus, 74,13 di Siklus I, dan 77,06 pada siklus II. Selain itu, sebagian besar siswa meraih nilai lebih dari 75 pada siklus I dan Siklus II. Maka, pertanyaan penelitian dan indikator kinerja telah berhasil terjawab. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa teknik Mix Freeze Group dapat meningkatkan kemampuan membaca teks diskriptif dan motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Pringsurat di tahun ajaran 2014/2015. Sebagai saran, bagi guru bahasa Inggris dan siswa dapat menggunakan teknik ini sebagai strategi alternatif dalam belajar-mengajar membaca.
59-UN57.4.1.4-2016 | INGGRIS TRI U 2015 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain